Mohon tunggu...
Ardi Winata Tobing
Ardi Winata Tobing Mohon Tunggu... Menulis untuk mengingat.

Pria humoris yang lawakannya jarang lucu. Pipinya pernah masuk teve.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Novel "Dark Matter": Aku dan Aku Melawan Aku

27 Juni 2019   16:12 Diperbarui: 27 Juni 2019   23:00 0 1 0 Mohon Tunggu...
Novel "Dark Matter": Aku dan Aku Melawan Aku
dok. istimewa

Rival abadi manusia adalah dirinya sendiri. Taklukkan dirimu, niscaya kau jaya. 

Jika diringkas, kira-kira itulah maksud yang ingin Blake Crouch sampaikan dalam novelnya yang dijuduli Dark Matter.

Bukan, Dark Matter bukan semacam karya self-help yang berisi tips dan langkah meraih sukses dalam 7 hari. Alih-alih, Dark Matter adalah novel sci-fi yang dilandaskan pada teori sains yang gampang menggoda imajinasi.

Cerita dimulai pada Jason, ilmuwan fisika yang berprofesi sebagai dosen dan hidup sederhana dengan istri dan seorang anak. Jason Dessen dan istrinya, Daniela, di masa lalu mengorbankan kesempatan untuk meraih karir cemerlang demi hidup pada pilihan untuk memulai sebuah keluarga. Tidak berlebih, tapi semua tercukupi. Tidak megah, tapi mereka bahagia.

Lalu pada satu kamis malam yang biasa di Chicago, semua yang Jason miliki seketika saja direnggut paksa. Ia diculik, disakiti dan disuntik dengan semacam cairan yang menghapus sementara kesadarannya oleh seorang pria bertopeng geisha. Saat dia terbangun, realitas yang Jason kenal sekonyong saja berubah total. Ia memang masih seorang Jason, tapi kini ia bukan lagi dosen biasa, malah Jason dielu-elukan sebagai ilmuwan cemerlang yang meraih penghargaan sains prestisius.

Sempat terkaget-kaget, ia lalu tak terima. Cinta dan amarah memaksanya melakukan perjalanan gila menentang hukum alam demi satu kata sederhana: pulang.

Cerita tentang suami yang berjuang untuk bertemu kembali dengan keluarga yang direnggut darinya bisa jadi sesuatu yang terlalu klise. Kita punya banyak referensi buku atau film yang bermula pada tema serupa.

Tapi bagaiamana kalau suami sial ini dikisahkan mesti bertarung hidup-mati melawan dirinya sendiri?

Bukan hanya satu, tapi puluhan suami yang tak lain adalah dirinya sendiri yang siap melakukan apapun untuk istri dan anak yang direbut darinya. Ringkasnya, pembaca diminta menjawab pertanyaan ngeri perihal eksistensial: "Apakah kau bersedia merebut kebahagian milik orang lain meskipun orang lain tersebut adalah dirimu sendiri?".

Apa yang kemudian membedakan dan membuat Jason lebih layak mendapat cinta keluarganya kembali dibanding puluhan Jason lain yang 99.9% identik dengan dirinya dan hanya dipisahkan oleh satu pilihan, oleh satu belokan jalur nasib yang berbeda sepersekian detik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x