Mohon tunggu...
Ardi Ardiyanto
Ardi Ardiyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa Doktoral

Kompasiana sebagai sarana menyampaikan uneg-uneg

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pilihan Beasiswa untuk Lanjut Studi di Amerika Serikat

11 Maret 2018   23:07 Diperbarui: 12 Maret 2018   00:25 2413 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilihan Beasiswa untuk Lanjut Studi di Amerika Serikat
Ilustrasi: Shutterstock

Banyak jalan menuju roma. Hal tersebut juga berlaku ketika kita ingin melanjutkan studi master atau doktor di Amerika Serikat. Banyak peluang beasiswa yang bisa kita coba. 

Mulai dari beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Amerika seperti Fulbright dan PRESTASI, atau beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia seperti LPDP dan BUDI. Berikut sedikit uraian dari beasiswa yang bisa kita coba untuk studi di Amerika Serikat.

Fulbright

Beasiswa Fulbright boleh dikatakan merupakan beasiswa studi lanjut paling senior yang disediakan oleh Pemerintah AS. Berdasarkan uraian di situs resminya, beasiswa ini ada sejak tahun 1946. Contoh tokoh di Indonesia yang merupakan alumni beasiswa ini adalah Anies Baswedan, Amien Rais dan Affandi. Di Indonesia, beasiswa ini dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). 

Selain beasiswa untuk studi master (S2) dan doktor (S3), Fulbright juga menyediakan beasiswa lain seperti Visiting Scholar Program dan Foreign Language Teaching Assistant (FLTA). Pendaftaran beasiswa ini biasanya ditutup di pertengahan Februari untuk setiap tahunnya. Kalau kamu tertarik dengan beasiswa ini silahkan eksplor lebih lanjut tautan berikut.

PRESTASI
Selain Fulbright, Pemerintah AS juga menyediakan beasiswa lain untuk studi master (S2) di Amerika. Beasiswa tersebut bernama PRESTASI. PRESTASI merupakan akronim dari Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts. Beasiswa ini dikelola oleh sebuah lembaga kerjasama Indonesia dan Amerika yang bernama Indonesian International Education Foundation (IIEF). 

Berdasarkan uraian di web resminya, beasiswa ini berfokus pada pengembangan beberapa aspek seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, pertumbuhan ekonomi, demokrasi, serta pemerintahan. Pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka bulan Juni dan ditutup bulan Juli. Info lebih lanjut tentang beasiswa ini bisa kamu cari di tautan ini.
LPDP
Beasiswa LPDP saat ini merupakan beasiswa yang paling hits di Indonesia.hehe.. Saya sendiri bisa studi di Amerika karena beasiswa ini. Beasiswa LPDP diinisiasi oleh Ibu Menteri Keuangan, Sri Mulyani, pada tahun 2011 (Sejarah LPDP). Selain beasiswa master dan doktor, LPDP juga menyediakan beasiswa lain seperti beasiswa doktor spesialis serta beasiswa tesis dan disertasi. Berdasarkan situs resminya, pendaftaran beasiswa LPDP untuk tahun 2017 ditutup pada pertengahan Juli 2017. Berikut tautan dari beasiswa LPDP.

BUDI
Bagi kamu dosen yang pengen kuliah di Amerika, kamu bisa mencoba apply ke beasiswa Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia atau yang biasa disingkat dengan BUDI. Beasiswa ini adalah hasil kerjasama Kemenristekdikti dan LPDP. 

Pada pengumuman pendaftaran yang bisa kamu lihat di sini, beasiswa ini diperuntukkan untuk dosen yang ingin melanjutkan studi jenjang Doktor (S3), Beasiswa ini sepertinya dibuka satu kali per tahun yaitu pada bulan Juli. Tautan untuk beasiswa ini ada di sini.

Selain empat beasiswa di atas, masih ada lagi lho beasiswa lain untuk studi lanjut ke Amerika seperti beasiswa Ancora Foundation dan Rajawali Foundation. Selain itu, banyak kampus di Amerika yang juga menyediakan beasiswa kampus dengan syarat kamu harus bekerja sebagai teaching assistant atau research assisstant selama studi. Untuk beasiswa dari kampus, silahkan eksplor di web kampus-kampus di Amerika.

Sekian. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x