Mohon tunggu...
Ardiansyah
Ardiansyah Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Komunikasi AntarBudaya

8 Februari 2016   02:14 Diperbarui: 8 Februari 2016   03:21 215 12 0 Mohon Tunggu...

IDENTITAS BUDAYA

Identitas adalah ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang yang ia peroleh sejak lahir hingga melalui proses interaksi yang dilakukannya setiap hari dalam kehidupannya dan kemudian membentuk suatu pola khusus yang mendefinisikan tentang orang tersebut. Sedangkan Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang dan diwariskan dari turun temurun. Sehingga Identitas Budaya memiliki pengertian suatu ciri-ciri atau keadaan khusus yang melekat dalam suatu kebudayaan sehingga bisa dibedakan antara satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lain. Dalam Komunikasi AntarBudaya, setiap orang seharusnya memahami masing-masing budaya yang ada di sekitarnya sehingga dapat beradaptasi ketika berada di kebudayaan yang berbeda. Identitas budaya memiliki beberapa pendekatan dalam pengertiannya yaitu adalah : 

1.    Kesempurnaan rasa dalam seni dan kemanusiaan.

2.    Pola kesatuan dari pengetahuan manusia, keyakinan, dan perilaku, yang bergantung pada kemampuan atau kapasitasnya dalam pemikiran secara simbolik/lambang dan pembelajaran secara masyarakat.

3.    Seperangkat sikap, nilai – nilai, sasaran dan tindakan yang diyakini bersama, yang kemudian menjadi ciri,khas, sifat atau karakter dari sebuah organisasi atau kelompok.

adapun faktor-faktor pembentuk Identitas budaya adalah kurang lebih sebagai berikut :

Mempercayai bahwa dalam budaya bugis pokok panngaderreng itu keramat atau sakral dimana di dalamnya terdapat Ade( ada dalam bahasa Makassar ), bicara, rappang, wari, sara itu merupakan Kepercayaan adat bugis Makassar.
Tidak ada kebiasaan menyakiti sesama karena dianggap saling menyakiti adalah tidak memberikan rasa aman bagi siapapun ini termasuk sikap Rasa Aman
Bagaimana pola perilaku kita dimasyarakat mencerminkan identitas budaya yang kita anut. Dalam hal ini orang-orang tertentu yang berperilaku kurang baik menurut orang sekitarnya yang pada umumnya didalam budaya orang tersebut adalah sesuatu yang wajar dilakukan dimana sifat ini termasuk dalam Pola Perilaku.
Peran dan Identitas Budaya

Kebanyakan orang dengan cara yang amat sederhana menunjukkan identitas orang lain berdasarkan peran mereka dalam suatu masyarakat. Kita akan mengatakan si X sebagai seorang majikan jika dia menampilkan ‘identitas’ diri, kepribadian, serta perilaku/sifat verbal dan nonverbal sebagaimana layaknya seorang majikan.

Terdapat pembedaan yang tegas antara hubungan peran sebagai sebuah identitas dengan struktur kebudayaan dan struktur sosial. Karena itu, kita harus membedakan antara peran yang diharapkan sebagai bagian dari struktur budaya suatu masyarakat dengan tampilan peran yang merupakan bagian dari struktur sosial suatu masyarakat. Yang dimaksud dengan struktur budaya adalah pola-pola persepsi, berpikir dan perasaan, sednagkan struktur sosial adalah pola-pola perilaku sosial. Dalam kehidupan manusia dapat digambarkan seperti berikut:

Struktur budaya à pola tindakan, berpikir, perasaan à identitas budaya

Struktur sosial à pola-pola perilaku/sifat sosial à identitas sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN