Mohon tunggu...
Andi Ardiansyah
Andi Ardiansyah Mohon Tunggu... Integritas manusia

kata adalah senjata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keharusan Zaman dan Masalah Keadilan Ummat dan Bangsa

5 Maret 2021   21:13 Diperbarui: 5 Maret 2021   21:42 25 1 0 Mohon Tunggu...

Bismillahirahmanirahim...

Surabaya 02 Maret 2021, yang dimana pada hari ke dua (II) dalam penyelenggaraan intermediate training Lk2 yang diselenggarakan oleh Hmi Korkom Sunan Ampel cabang Surabaya.

Pada hari senin sore, penyampaian dari pemateri yang dibawakan oleh ayunda Siti Dahlia Cakrawati.

Materi yang dibawakan dalam kesempatan ini ber tema yaitu "Keharusan Zaman dan Masalah Keadilan Ummat dan bangsa"

Setiap zaman dari abad 1 hingga abad ke 21 , pasti memiliki sebuah problematika dan dimana masalah yang sering terjadi ialah permasalahan ummat (masyarakat) dan bangsa (kelompok).

Menurut pemateri adanya reformasi atau bedanya pandangan hukum yang menjadikan isu isu sosial menjadi multi tafsir.

Adapaun statment pertama yaitu pentingnya pendidikan karakter, yang dimana kualitas seseorang dilihat dari karakter atau kepribadian nya,jadi  sebagaimana pendidikan karakter dimulai dari orang tua, orang tua lah orang yng pertama membentuk karakter dilanjutkan dengan lingkungan serta pendidikan formal nya yaitu sekolah.

Selanjutnya adanya perbedaan statmen di masyarakat tentang gender serta konflik di masyarakat itu sendiri, seperti di Negara FIRLANDIA pendidikan kritis dari kecil yang dimana pendidikan itu kebebasan  dari kebodohan.

Berpikir berubah merupakan suatu keharusan bagi semua orang terlebih disaat zaman terus berubah, Islam Sebagai Agama transformasi yang mengajarkan kepada ummatnya untuk melakukan perubahan sosial (sosial of change) ke arah yang lebih baik.

Rassulullah SAW dalam sirah kebabian betapa Agama islam melakukab transformasi sosial besar-besaran pada masyarakay mekkah yaitu ke jahiliyah menjadi masyarakat beradab.

Maka umat Islam (Khairuhummah) senantiasa harus melakukan perubahan dan menjadi pioner untuk melakukan perubahan itu (agent of social).

Andiardiansyah cabang Makassar

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x