Mohon tunggu...
Imam Ardhy
Imam Ardhy Mohon Tunggu... Suka politik dan sepakbola

Mencoba mengubah pemikiran menjadi rangkaian kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kewajiban dan Pentingnya Peran Indonesia Dalam Mendukung Kemerdekaan Palestina

16 Mei 2021   14:25 Diperbarui: 16 Mei 2021   14:42 196 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kewajiban dan Pentingnya Peran Indonesia Dalam Mendukung Kemerdekaan Palestina
sumber foto : kasihpalestina.com

Pada akhir Ramadhan yang lalu publik dunia dikejutkan dengan agresi yang dilancarkan tentara Israel pada warga Palestina di Jalur Gaza ketika menunaikan Shalat Taraweh di Masjidil Aqsa. Seperti dilansir Aljazeera (melalui detik.com Kamis, 13-05-2021) Kementrian Kesehatan Gaza menyampaikan setidaknya sudah ada 84 orang tewas akibat serangan Israel tersebut. 

Hal ini tentunya memunculkan banyak gelombang Protes masyarakat berbagai kota di belahan dunia, termasuk dari beberapa pemimpin muslim yang mengecam agresi Israel tersebut. Mulai dari Presiden Turki Erdogan, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, sampai Presiden Indonesia Joko Widodo.

Ternyata agresi Israel terhadap Palestina ini bukan hanya menyedot perhatian dari para pemimpin dunia, melainkan juga para pesepakbola muslim dunia yang memposting di media sosialnya kecaman terhadap agresi Isreal dan mendorong perdamaian di Palestina. 

Mulai dari Mohammed Salah, Paul Pogba, sampai yang terbaru Hamzah Choudury dan Wesley Fofana. Gelombang protes tersebut tentunya akan semakin bertambah mengingat sampai hari ini Israel belum menghentikan agresinya ke wilayah Palestina.

Mengapa upaya mewujudkan kemerdekaan Palestina dianggap penting menjadi suatu isu ataupun wacana bersama bagi masyarakat muslim dunia? Tak lain dan tak bukan karena ukhuwah islamiyah. 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis, "Muslim yang satu dengan muslim yang lain ibarat sebuah bangunan, apabila yang satu merasakan sakit, maka yang lain pun akan ikut merasakan" hal itulah yang merupakan urgensi mengapa kemerdekaan Palestina adalah isu pokok yang diperjuangkan oleh Negara-negara islam dalam percaturan politik dunia.

Indonesia dan Sikap Terhadap Kemerdekan Palestina

Dalam konteks keindonesian banyak pertanyaan yang muncul di tengah masyarakat kita seputar upaya perjuangan kemerdekaan Palestina. Yang pertama, mengapa kita harus bersusah-susah dan mengambil pusing dalam kemerdekaan palestina sedangkan di dalam negeri saja kita belum merdeka seutuhnya? Jawabannya adalah, mengutip perkataan dari Proklamator Indonesia yaitu Ir.Soekarno "JAS MERAH" Jangan sekali-sekali melupakan sejarah.

Jika kita flashback ke belakang, Palestina merupakan Negara yang mengambil peranan penting dan merupakan aktor utama dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Palestina adalah Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Dukungan Palestina diwakili oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini mufti besar Palestina. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN