Mohon tunggu...
Ardhian Pratama
Ardhian Pratama Mohon Tunggu... Penulis

Let's Write

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Cara Menggunakan Platform Google Classroom Tanpa Media Internet

21 Juli 2020   14:21 Diperbarui: 30 Juli 2020   10:49 19 1 0 Mohon Tunggu...

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas secara detail tentang bagaimana cara memulai menggunakan aplikasi bernama "Google Classroom". Aplikasi telekonferensi video ini tergolong populer belakangan ini selain Zoom yang dapat digunakan saat kegiatan belajar mengajar kembali bergulir di tahun ajaran baru ini.

Seperti yang telah diketahui, pandemi Covid-19 yang masih merebak menyebabkan sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar belum dapat untuk dilakukan secara tatap muka langsung. 

"Tergantung dari pihak gurunya, ada yang menggunakan Zoom namun terdapat juga yang menggunakan GCR," tutur Gemilang, pelajar SMP di Tangerang Selatan, yang merujuk GCR sebagai Google Classroom. 

Aplikasi Google Classroom sendiri digunakan karena menawarkan kemampuan lebih untuk dapat sekaligus membantu para guru untuk mengelola tugas-tugas kelas, menilai hasil akhir, serta memberikan saran dan masukan untuk para siswa. Google memberikan panduan atau langkah-langkah untuk memulai menggunakan Classroom dalam Google Blog.

Berikut dibawah ini beberapa detail panduan untuk "Google Classroom" akan kita ulas satu persatu , 

1. Memiliki Akun G Suite for Education

Pengajar(guru) dan para siswa memerlukan akun G Suite for Education untuk dapat menggunakan aplikasi Google Classroom,seorang administrator G Suite harus menyiapkan sebuah akun khusus untuk sekolah apabila diperlukan. Meskipun semua individu yang mempunyai akun Gmail dapat membuat Google Classroom, pengguna diharuskan menggunakan akun G Suite for Education apabila menggunakan Google Classroom untuk keperluan sekolah.

Dengan menggunakan akun G Suite for Education, sekolah dapat memutuskan layanan pada Google apa saja yang dapat dipakai oleh para siswa mereka. Akun G Suite for Education ternyata telah menyediakan fitur perlindungan unggulan berupa privasi dan keamanan (security) tambahan yang cukup penting dalam lingkungan sekolah, disisi lain juga dapat mendapatkan aplikasi Classroom pada perangkat platform Android, iOS, dan Chrome .

2. Membuat kelas khusus

Google Classroom merupakan ruang belajar tempat bagi para siswa untuk menerima tugas serta membaca pengumuman. Langkahnya cukup sederhana yaitu cukup dengan membuka classroom.google.com untuk memulai sehingga dipastikan para pengguna akan dapat segera menjalankan kelas dalam waktu singkat.

3. Mengundang siswa dan wali ke kelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x