Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Penulis - Guru

Buku; Menulis Buku, Alternatif bagi Guru. 2022., Guru, Ayo Menulis Artikel Pendidikan. 2021., Menjadi Guru Penggerak bagi Siswa. 2020.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengganti Metode Mengajar, Kenapa Tidak?

4 November 2022   23:42 Diperbarui: 4 November 2022   23:43 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pixabay/ Wokandapix

Banyak cara dalam menyampaikan materi pengetahuan terhadap siswa. Masih jamak digunakan oleh para guru metode berceramah dalam penyampaian materi. Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang dapat Anda aplikasikan di kelas, tergantung bagaimana keadaannya yang mendukung untuk diterapkan pilihan metode mengajar ini. Simak 6 cara berikut;   

Problem Based Learning (Metode Pemecahan Masalah)

Guru dapat membuat beberapa kelompok dalam kelas. Lalu memberikan sebuah kasus yang berkaitan dengan materi yang tengah diajarkan. Bagaimana kelompok tersebut mencari jalan keluarnya. Metode ini lebih cocok diterapkan pada pelajaran eksak, kasus yang dilemparkan ke siswa itu merupakan contoh perhitungan pasti yang sering terjadi di masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga diaplikasikan pada pelajaran non eksak. Misalnya pelajaran Pendidikan Agama Islam, materi ajarnya tentang kesyirikan. Nah, kasus yang akan menjadi bahan perundingan, seperti; apa saja contoh kesyirikan yang terjadi di daerah kamu masing-masing? Atau bagaimana caranya menyadarkan masyarakat terhadap perbuatan syirik.

 

Mind Mapping

Metode ini mengajarkan siswa untuk berfikir secara runtun. Sekilas seperti materi FPB atau KPK pada mata pelajaran matematika. Tujuannya agar siswa mendapat gambaran yang lebih cepat untuk mendeskripsikan lebih mendalam materi itu. Misalkan materinya tentang cerpen. 

Guru akan melingkari materi "cerpen" itu, lalu menulis sub materi di bawahnya dengan tanda panah yang mengarah kesana. Seperti; pengertian, komponen kelengkapan cerita, unsur-unsur dalam cerpen, dan lain-lain.

Demonstrasi 

Metode ini kerap dilakukan di ruang praktek, seperti laboratorium. Objek benda yang diperagakan menjadi pusat perhatian anak didik. Anda tentunya sudah menyiapkan alat atau bahan yang akan Anda demonstrasikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun