Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Penulis - Guru

Penulis buku; Menulis Buku, Alternatif bagi Guru. 2022., Guru, Ayo Menulis Artikel Pendidikan. 2021., Menjadi Guru Penggerak bagi Siswa. 2020.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Meningkatkan Kemahiran Mengajar Melalui Pelatihan Guru

22 Oktober 2022   18:02 Diperbarui: 22 Oktober 2022   18:27 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokpri/ Imam Lutfi

Guru merupakan ujung tombak lembaga pendidikan. Di tangan gurulah anak didik di 'gembleng' untuk menjadi seperti apa yang di-visimisi-kan sekolah. Sudah menjadi keharusan bagi manajemen sekolah untuk memastikan bahwa guru-guru yang mengajar adalah guru-guru yang mampu dan kompeten memberikan pengajaran sesuai bidang keilmuan yang dimiliki. 

Juga memasilitasi para guru untuk meningkatkan kapasitas keilmuannya, khususnya pada mata pelajaran yang diampunya.

Hari ini, Sabtu 22/10/22, kembali diadakan pelatihan guru mata pelajaran Bahasa Arab tingkat SMP di gedung 2 Sekolah Islam Ulun Nuha Medan. Pelatihan ini diadakan per 2 pekan sekali. Dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Berlokasi di Jalan Karya Darma, Medan Johor, Sumatera Utara, pelatihan ini diikuti oleh lebih kurang 10 Orang guru; laki-laki dan perempuan, yang terpisah.

Materi diisi oleh Ustad Awaluddin Yahya, Lc. yang merupakan dosen di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Medan. Pertemuan kali ketiga ini masih membahas kitab yang sama, yaitu kitab idho-at karangan Dr. Abdurrahman Bin Ibrahim Al-Fauzan yang keseluruhan isinya dapat dibaca dengan aksara arab. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pelatihan juga menggunakan bahasa arab.

Buku ini merupakan panduan pelaksanaan pengajaran dari buku pembelajaran bahasa arab arobiyah baina yadaik, kitab yang diajarkan pada siswa-siswa di SMP Islam Ulun Nuha Medan. Muslim, M.Ag, selaku kepala sekolah berharap kegiatan ini dapat mengembangkan kemahiran para guru dalam mengajar, khususnya kitab tersebut.

Foto: Dokpri/ Imam Lutfi
Foto: Dokpri/ Imam Lutfi

Di akhir sesi, seperti biasa pemateri menerima beberapa pertanyaan dari para peserta. Diskusi terkait kendala dalam lapangan serta penanganan yang tepat dilakukan. Pertemuan dimulai pukul 14.00 hingga 15.30 WIB, dan ditutup dengan sholat ashar berjama'ah. Ard

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun