Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Pendidik

Alumnus Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Alumnus STAI Bahriyatul Ulum Pandan Tapanuli Tengah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Antara Perangkat Pembelajaran dan Kemampuan Siswa

26 Juli 2022   21:50 Diperbarui: 26 Juli 2022   22:06 102 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pixabay/ Wokandapix

 Program tahunan atau yang sering disebut prota, merupakan salah satu dari beberapa perangkat pembelajaran yang harus dipunyai oleh guru yang akan mengajar setiap tahun ajaran baru. 

Prota ini bertujuan untuk memetakan materi pelajaran, yang menjadi target sampainya pembelajaran kepada siswa dalam kurun waktu tertentu. Dan harus dituntaskan.

Prota sendiri dirancang untuk satu tahun ajaran, yang biasanya dimulai dari bulan juli dan berakhir pada bulan juni tahun berikutnya. Didalamnya akan memuat alokasi waktu pembelajaran selama satu tahun yang disesuaikan dengan kalender pendidikan

Nantinya, dari hari efektif yang didapat setiap bulannya, akan dihitung berapa kali ia mengajar di kelas tersebut sesuai jadwal roster pelajaran.

Maka, akan didapatlah jumlah akumulatif untuk semester ganjil berapa kali pertemuan, begitu juga untuk semester genap. Seyogyanya prota yang dibuat oleh satu guru tidaklah akan bisa sama dengan guru yang lain. Walau kedua guru tersebut memilik alokasi waktu yang sama, mata pelajaran yang sama, dan jadwal roster pelajaran yang sama.

Beberapa sebab diantaranya, siswa yang mereka hadapi berbeda. Bisa jadi siswa yang ditangani oleh salah satu guru merupakan siswa-siswa yang pintar, namun tidak begitu dengan guru yang satunya lagi. 

Ilustrasinya begini, untuk menyelesaikan satu materi, guru A bisa menghabiskan hanya dua jam pelajaran pada kelasnya, karena siswa-siswanya yang pintar.

Namun guru B butuh waktu empat jam pelajaran, atau dua kali pertemuan, jika sekali pertemuannya dua jam pelajaran untuk menyelesaikan materi yang sama. Itu mengapa prota yang dibuat tidak bisa sama antara dua guru mata pelajaran yang sama.

Yang kedua, pastinya target menyelesaikan materi pelajaran juga tidak akan tuntas. Misalnya dalam satu tahun ada dua belas materi pelajaran, mungkin guru B hanya bisa menyelesaikannya sebanyak sepuluh materi pelajaran. Lalu, masih relevankah berkiblat pada prota?

Jika guru harus menghabiskan sekian materi dalam satu tahun, bisa jadi siswa yang kurang pintar akan melewatkan materi begitu saja. Mengapa demikian? Karena waktu yang terbatas. Dalam waktu sekian bulan guru harus sudah menyelesaikan beberapa materi sebagaimana tertuang dalam perangkat pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan