Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Tenaga Kependidikan

Alumnus Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Alumnus STAI Bahriyatul Ulum Pandan Tapanuli Tengah

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Memahami Istilah Bahasa Arab yang Sering Dipakai

22 Februari 2020   21:11 Diperbarui: 22 Februari 2020   21:14 64 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Istilah Bahasa Arab yang Sering Dipakai
Sumber gambar: Pixabay

Mempelajari bahasa asing bukan karena kepentingan luar negeri saja. Memperkaya diri dengan pengetahuan bahasa asing dapat membuka wawasan anda. 

Kecanggihan teknologi membuat sebuah informasi dapat tersampaikan dengan cepat. Begitu juga informasi yang datang dari luar negeri, hanya dalam hitungan detik info tersebut tersampaikan.

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Mempelajari agama, tentunya tidak terlepas dari istilah-istilah bahasa arab. Karena dari negara arablah pembawa agama itu berasal. "Majlis Taklim" misalnya, istilah ini berasal dari bahasa arab yang artinya tempat berkumpul untuk belajar. Istilah ini digunakan saat mereka akan pergi ke tempat tertentu untuk mendengarkan ceramah agama.  

Istilah lainnya "jazakallahu khoiran katsiran," artinya "semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak." Kalimat ini dipakai untuk mengucapkan terima kasih. 

Namun dalam memakai bahasa asing, anda juga perlu tahu perubahan kalimat dan penempatannya. Seperti saat memakai istilah bahasa Inggris, tentu harus sesuai dengan gramatikal bahasa.

Begitu juga dengan bahasa arab, kalimat "jazakallah" diucapkan kepada lawan bicara pria. Maka jika lawan bicaranya wanita pengucapannya menjadi "jazakillah." 

Jika anda merasa  penggunaan istilah tersebut sedikit rumit, anda dapat menggantinya dengan istilah "syukron" yang berarti "terima kasih." Istilah ini bersifat umum, tanpa harus memilah istilah khusus menurut gender.

Istilah lainnya seperti "syafakallah." Ini merupakan ucapan doa bagi orang yang sakit, mengandung arti "semoga Allah menyembuhkanmu." jika orang yang sakit itu seorang perempuan, maka ucapan itu berubah menjadi "syafakillah"

Untuk orang ketiga berbeda lagi. Misal ia mengabarkan bahwa saudaranya sedang sakit. Maka kalimat yang akan anda ucapkan adalah "syafahullah" jika yang sakit laki-laki dan "syafahallah" jika yang sakit perempuan, yang berarti "semoga Allah menyembuhkannya."

"Barakallahu fik" bermakna "Semoga Allah memberkahimu" juga istilah yang sering dipakai. "Barakallahu fikum" artinya "semoga Allah memberkahi kalian" kalimat ini digunakan jika anda akan mendoakan lawan bicara anda yang berjumlah lebih dari satu orang. Bisa juga ditujukan untuknya beserta keluarganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x