Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Tenaga Kependidikan

Alumnus Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Alumnus STAI Bahriyatul Ulum Pandan Tapanuli Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menjadi Guru Penggerak bagi Siswa

25 Desember 2019   22:50 Diperbarui: 25 Desember 2019   22:51 133 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Guru Penggerak bagi Siswa
Sumber gambar: Pixabay

Pernah saya mendengar sebuah wacana tentang sumber daya guru. Katanya, pemerintah akan mengimpor guru dari luar negeri. Wacana itu berkembang hingga muncul klarifikasi bahwa yang akan diimpor adalah pihak asing yang akan mengajarkan guru, bukan sebagai guru yang mengajar siswa di sekolah.

Miris mendengar wacana tersebut. Nyatanya, masih banyak sarjana pendidikan yang akhirnya tidak mendidik dikarenakan sedikitnya lapangan pekerjaan sebagai pendidik. Di sisi lain, tidak adanya dukungan positif terhadap nasib guru yang ditandai dengan munculnya wacana impor guru.

Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa sumber daya guru yang banyak tersebut masih belum mumpuni untuk bekerja. Nah, agar peran guru tidak tergerus oleh perkembangan zaman, guru perlu memperbarui cara mengajar secara berulang, lagi dan lagi. Menjadi penggerak bagi sekolah pada umumnya, dan bagi siswa khususnya.

Setidaknya ada tiga hal yang harus dimiliki oleh guru penggerak, sebagai modal memperbarui kemampuan diri. Berikut beberapa hal tersebut;

 

Punya Inovasi

Menurut KBBI,  inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Inovasi juga dapat disebut sebagai sebuah gagasan, metode atau alat.

Ayo bangkit dari sebuah kebiasaan lama. Buatlah hal baru dalam kelas yang dapat membangkitkan semangat siswa untuk ingin tahu lebih mendalam berbagai hal terkait materi yang anda sampaikan. Lupakan mengejar nilai yang membuat siswa terhambat untuk bereksplorasi. Guru penggerak harus berani menggagas ide yang belum pernah digunakan.

Mampu membuat siswa senang

Tinggalkan rasa dimana anda harus ditakuti oleh siswa. Jika anda ingin dihargai, maka lebih dahululah menghargai mereka. Jika anda ingin dihormati maka anda harus menghormati siswa lebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN