Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Guru

orang biasa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Anak-anak Juga Dapat Terkena Katarak

12 Mei 2019   13:49 Diperbarui: 14 Mei 2019   07:27 0 1 1 Mohon Tunggu...
Anak-anak Juga Dapat Terkena Katarak
BukuMedis.com

Dua hari yang lalu ketika saya menemani istri ke rumah sakit khusus mata untuk kontrol ulang, di ruang tunggu saya sempat ngobrol dengan beberapa orang yang akan dioperasi. Awalnya saya tidak nimbrung dalam obrolan mereka. Bapak tua disamping saya bertanya kepada pemuda didepan saya, apakah akan dioperasi juga.

Kemudian menanyakan umurnya, ternyata umurnya masih tiga puluhan tahun. Mendengar itu, ekspresi wajahnya berubah menjadi sedikit heran, nyatanya usia muda juga bisa terjangkit penyakit katarak. Pemuda itu menjelaskan diagnosa dokter, saat kali pertamanya periksa disitu.

Penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang berlebih ke mata, juga pemakaian ponsel yang lama. Radiasi dari layar ponsel itu dapat membahayakan mata. Ia melanjutkan, jangankan seumurannya, usia sekolah dasarpun sudah terkena katarak akibat pemakain ponsel berlebih. Saudaranya sendiri telah mengalaminya.

Mereka tampak mengakhiri obrolannya, barulah saya bertanya ulang pada pemuda itu untuk lebih meyakinkan. Kebetulan disamping ia duduk, tengah duduk anak-anak yang sedang bermain game di ponselnya. Iapun menggambarkannya seperti anak yang disampingnya itu. "Begitulah mulanya anak-anak kecanduan pada ponsel. Dengan jarak yang dekat ke mata saat memainkannya" tandasnya.

Katarak dan Penyebabnya

Katarak adalah kondisi mata mengalami kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi kabur, bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Penyebab paling banyak penderita katarak karena proses lanjut usia atau degenerasi yang mengakibatkan lensa mata menjadi keras dan keruh.

Lainnya, karena trauma/ cedera pada mata, bawaan lahir, diabetes, penggunaan obat tertentu dalam jangka waktu lama, juga terkena sinar matahari (ultraviolet) yang berlebih. Dikutip dari kompas.com, 11/07/2018, dr. Julie Dewi Barliana, SpM (K), M. Biomed, mengatakan, "layar ponsel dapat menyebabkan mata terasa kering, panas, berair, bahkan katarak."

Jika pengguna ponsel sering menelepon berjam-jam, radiasi yang dipaparkan akan masuk kedalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah. Tanpa disadari, kornea mata sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan kinerja, seperti kemampuan mengatur suhu dan air. Hal ini akan menimbulkan penyakit katarak karena paparan radiasi ponsel yang memicu pemadatan kabut yang akan menghalangi kornea.

Kini kebutuhan ponsel bukan hanya bagi orang dewasa saja. Sering terlihat di sekitar kita anak usia sekolah dasarpun sudah memegangnya dan memilikinya secara pribadi. Entah itu diberikan orangtuanya atau ia membelinya dari uang jajan yang dikumpulkannya dari orangtua.

Mirisnya, anak usia segitu yang seharusnya disibukkan dengan banyak mengikuti les tambahan belajar, atau banyak berinteraksi sosial nyata malah tersibukkan oleh permainan gawai yang beragam dan media sosial yang mengukung mereka menjadi pribadi yang egois. Menjadi pribadi yang tidak peka dengan kondisi sekitar.

Para orangtua sebaiknya tahu ini dan dapat membatasi penggunaan ponsel pada anaknya agar tidak mengalami gangguan penglihatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2