Mohon tunggu...
ardan argandi
ardan argandi Mohon Tunggu... Bankir - Based In Bekasi

Newbie

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kuliah Online Mempermudah Mahasiswa sambil Bekerja

6 Juni 2021   17:55 Diperbarui: 6 Juni 2021   17:57 175 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sejak pandemic virus korona masuk ke Indonesia , semua tatanan hidup masyarakat menjadi berubah dan mau tidak mau harus beradaptasi dengan kondisi saat ini . 

Tatanan hidup baru atau yang sering disebut dengan New Normal, terjadi pada semua sektor kehidupan masyarakat. Mulai dari Industri, Transportasi, Kesehatan, dan Pendidikan. 

Sebagai salah satu sektor yang mengalami tatanan hidup baru, Bidang Pendidikan sangat populer dengan perubahan dalam sistem belajar mengajar yaitu secara Virtual

Kegatan belajar mengajar secara virtual dilakukan di seluruh tingkat pendidikan, salah satunya di Universitas yang mengadakan kuliah online. Seluruh universitas di negeri ini melakukan kegiatan kuliah online untuk menghindari kerumunan dan mengurangi resiko penularan covid-19. 

Salah satu mahasiswa yang melakukan kegiatan kuliah online ini adalah Manuel , pemuda berumur 23 tahun yang berkuliah di Kwik Kian Gie, Jakarta yang berkuliah sambil bekerja.

"Betul pak, saya bekerja sambil berkuliah juga. Kebetulan saya ambil kuliah kelas sore , jadi saya kerja di siang hari , malamnya saya bisa fokus untuk      berkuliah" ujar Manuel , Jakarta (04/06/2021). Manuel menuturkan  bahwa kegiatan kuliah online sama seperti kegiatan kuliah offline , yang membedakan hanyalah media dan penyampaian materi serta tugas bisa melalui Zoom Meeting, Google Meet, Website ataupun yang lainya dengan media internet.  Saat dikonfirmasi terkait efektif atau tidaknya  kuliah online , Ia merasa kegiatan kuliah lebih efektif dan sangat membantu karena dia bisa fokus bekerja dan tidak terburu-buru untuk sampai kampus.  

"Menurut saya kuliah online efektif-efektif saja jika kita memang mengikuti perkuliahan dengan baik. Perkuliahan juga dilakukan secara langsung melalui internet . Jadi jika ada kendala , bisa menanyakan langsung dengan dosen mata kuliah yang sedang berlangsung. Apalagi saya seorang karyawan, jadi saya tidak buru- buru di jalan untuk ke kampus . Saya bisa melakukan pekerjaan di   kantor jika ada lembur , dan tetap mengikuti perkuliahan" papar Manuel (04/06/2021).

Di akhir sesi wawancara Manuel memaparkan bahwa jika kedepanya virus korona belum terkendali,  dirinya merasa lebih aman dari penularan virus korona jika kuliah online tetap berlanjut. Dia juga merasa dimudahkan berkuliah karena dirinya merupakan seorang mahasiswa yang sambil bekerja "Untuk ini sih tergantung dari kondisi saat ini yah . Jika Virus korona masih belum bisa dikendalikan, lebih baik kuliah online saja karena lebih aman dan mempermudah saya yang berkuliah sambil bekerja" tutup Manuel , Jakarta (04/06/2021).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan