Mohon tunggu...
Ardanik
Ardanik Mohon Tunggu... -

civil engineering ITS '14

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Keliling Surabaya Gratis dengan Suroboyo Bus

16 April 2018   20:12 Diperbarui: 28 September 2018   08:53 11682
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti yang telah saya umumkan melalui beberapa akun media sosial saya, hari Senin (16/04) saya bersama kerabat menjajal moda transportasi baru yang ada di Kota Surabaya. Yap! Ini adalah Suroboyo Bus, si merah yang super canggih. Beberapa kali saya sudah melihat sosoknya melintas di Jalan Raya Darmo Surabaya, tapi sayang saat itu belum sempat menjajal. 

Bus yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya ini telah diresmikan oleh Ibu Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Risma Harini pada 7 April 2018 lalu di Gedung Siola Surabaya. Bus ini beroperasi setiap harinya dari jam 06.00 hingga 22.00 WIB dengan dua jalur (berangkat dan pulang). Selain itu, jarak berangkat bus atau bahasa kerennya headway bus dilakukan setiap 30 menit sekali. Kecepatan maksimumnya 50 Km/jam. Dengan desain yang unik, berbeda dengan bentuk-bentuk bus lain yang telah beroperasi, bus ini terlihat nyentrik.

Suroboyo Bus yang unik ini ternyata memiliki jumlah crew yang cukup banyak, lho! Dengan setiap armada terdiri dari 1 Prama atau Prami dan sopir. Prama adalah petugas bus laki-laki, sedangkan Prami adalah petugas bus perempuan. Sisanya bekerja di balik layar tentunya. Ada yang menjaga di Halte Purabaya, ada bagian kebersihan, bagian kontrol CCTV, dan sebagainya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Spesifikasi Suroboyo Bus
Bus dengan bodi dari Karoseri Laksana yang berlokasi di pabrik Ungaran Semarang ini merupakan bus kota dengan tipe lowdeck. Mesin dari bus ini adalah Mercedes-Benz O500U 1726 yang memakai solar sebagai bahan bakarnya. Suroboyo Bus memiliki jumlah armada sebanyak 8 buah, tetapi untuk saat ini yang beroperasi hanya 6 saja. Sedangkan 2 bus lainnya sedang bermasalah teknis. Untuk bagian interiornya, bisa kita lihat seperti pada penjelasan di bawah ini

Kursi
Warna merah muda. Kursi dengan warna merah muda terdiri dari 12 buah kursi. 6 kursi di sisi sebelah kiri dan 6 kursi di sisi sebelah kanan. Kursi ini diprioritaskan untuk wanita.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
  • Warna merah tua. Selanjutnya ada kursi dengan warna merah tua. Terdiri dari 4 buah kursi. 2 kursi di sisi sebelah kiri dan kanan. Kursi ini diprioritaskan untuk lansia, ibu hamil dan ibu yang membawa anak kecil

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
  • Warna orange. Dan yang terakhir berwarna orange! Kursi berwarna orange ini berbeda 'level ' dengan 2 tipe kursi lainnya. Kursi ini berada +30cm dari lantai dasar bus. Kursi ini memiliki 25 buah kursi dengan 10 kursi berada di sebelah kiri, 10 kursi di sebelah kanan dan 5 kursi berada paling ujung. Kursi ini tidak ditujukan untuk penumpang tertentu. Baik laki-laki maupun perempuan bisa duduk di kursi ini.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Eits! Ada lagi kursi berwarna orange lainnya. 2 bentuk kursi yang didesain khusus bagi penyandang difabel. Terdapat dipan beserta sabuk pengamannya yang berfungsi untuk menyandarkan dan menjaga keamanan penumpang pengguna kursi roda. Di depannya, terdapat kursi lipat untuk penumpang yang menggunakan tongkat alat bantu jalan/kruk.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selain kursi, di dalam Suroboyo Bus ini terdapat hand holder sebanyak 13 buah masing-masing berada di sebelah kanan dan kiri.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Secara keseluruhan, bus ini memiliki kapasitas sebanyak 67 penumpang (tidak termasuk penyandang difabel). Jika kuota penumpang telah memenuhi, maka pintu bus akan tertutup secara otomatis. Jadi ini akan meminimalkan penumpang untuk berdesak-desakan dalam bus.

CCTV dan monitor petunjuk
Suroboyo Bus memiliki sistem kendali (CCTV) yang berfungsi sebagai keamaan penumpang. Terdiri dari 12 buah CCTV yang terpasang, di antaranya 8 buah di dalam, 4 buah tersebar di sisi kanan dan kiri bus. Monitor petunjuk fungsinya untuk memberi tahu penumpang tentang tempat pemberhentian bus selanjutnya. Nanti juga akan terintegrasi dengan stopping bus. Apa itu stopping bus?

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Stopping bus
Oh ya! Bagi kalian yang ingin turun dari bus, sekarang tidak perlu berteriak, "Pak, kiri pak!" atau "Pak halte x pak!" di dalam Suroboyo Bus ini terdapat tombol untuk "request" agar bus berhenti pada halte terdekat. Bus ini tidak akan sembarangan menurunkan penumpang di pinggir jalan, ya hehe. Harus pada halte atau bus stop. Jadi kalau misalkan kita ingin turun di Taman Bungkul, padahal di sana tidak ada halte atau bus stop kita akan diturunkan di halte sebelum Taman Bungkul yaitu Halte Darmo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun