Mohon tunggu...
Ardalena Romantika
Ardalena Romantika Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Merupakan pribadi yang amat senang bertukar cerita, pengalaman, dan hal baru dengan semua orang dari berbagai latar belakang. Saya percaya bahwa dengan mengaktualisasikan diri melalui pertukaran dan eksplorasi ide dengan orang lain, akan tercipta ruang kebebasan berekspresi dan kesetaraan bagi setiap manusia. Jadi, mari kita saling berbagi gagasan dan berekspresi bersama!.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Ekowisata Taman Sungai Mudal, Daya Tarik Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi Usai Pandemi

6 Januari 2021   16:05 Diperbarui: 6 Januari 2021   16:18 220 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekowisata Taman Sungai Mudal, Daya Tarik Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi Usai Pandemi
Sumber: https://instagram.com/sungaimudal/. Repost from: @aries_dhammajati

Sudah hampir satu tahun kita bergulat dengan pandemi covid-19. Sebagai warga negara yang baik dan peduli pada kesehatan diri maupun masyarakat, sudah hampir setahun pula kita membatasi aktivitas di luar rumah karena mematuhi anjuran #DiRumahAja. Tentu kita semua merasa bosan karena selama pandemi ini jarang pergi berlibur dan lebih memilih menghabiskan waktu luang di rumah. Namun tentu saja tidak ada salahnya agar tidak bingung mau pergi kemana seusai pandemi, anda dapat mulai membuat list tempat wisata yang akan anda kunjungi. Salah satu tempat wisata yang wajib ada dalam wishlist anda adalah ekowisata Taman Sungai Mudal.

Bagi anda pencinta wisata air, ekowisata Taman Sungai Mudal barangkali dapat menjadi surga dunia. Mata air yang memancar dari goa di wilayah Girimulyo, Kulon Progo, ini membentuk aliran sungai dan air terjun yang sangat memanjakan mata. Ekowisata Taman Sungai Mudal berlokasi di Banyunganti, Kalurahan Jatimulyo, yang termasuk dalam wilayah Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini relatif mudah ditemukan, sehingga anda cukup memanfaatkan Google Maps. Ketika memasuki wilayah Kokap, anda cukup mengikuti papan petunjuk jalan yang dapat anda jumpai dengan mudah. Untuk tarif wisata, anda tidak perlu khawatir karena ekowisata ini masih terhitung sangat terjangkau. Cukup dengan HTM sebesar Rp10.000 dan harga parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000 sementara untuk kendaraan roda empat sebesar Rp5.000 (jika belum terjadi perubahan harga) anda sudah dapat memanjakan mata dengan menikmati pemandangan di sekitar ekowisata ini.

Tidak ada sejarah khusus mengenai arti nama "Mudal" karena pada awalnya sungai ini adalah sungai irigasi yang kemudian dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar menjadi objek wisata. Menurut warga sekitar, penamaan "Mudal" dikarenakan sumber air ini selalu memancar sepanjang tahun dan berperan penting untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga sekitarnya. Bahkan setelah dimanfaatkan sebagai objek wisata, aliran airnya masih bisa dimanfaatkan untuk irigasi warga sekitar. Sangat bermanfaat, ya!.

Aliran air di Taman Sungai Mudal sangat jernih dan memantulkan warna biru maupun hijau toska yang eksotis. Ketika musim penghujan, debit airnya akan bertambah, namun hal ini tidak mempengaruhi kejernihan air taman yang cantik ini. Pada musim penghujan, banyak wisatawan yang memanfaatkan momen derasnya aliran air terjun untuk kegiatan yang memacu adrenalin seperti rappelling maupun water cannoying.

Spot wisata yang dapat anda eksplor di taman wisata Sungai Mudal pun beragam, yang pertama adalah kolam alami yang di sekelilingnya terdapat banyak tanaman bunga yang akan membuat anda betah berlama-lama menatapnya. Bagi anda yang tidak memiliki kemampuan berenang yang baik, jangan khawatir karena tersedia persewaan pelampung di kolam alami ini. Kedalaman kolamnya pun beragam dan sudah dimodifikasi sesuai dengan kategori pengunjung, yakni untuk dewasa dan anak-anak.

Kolam Taman Sungai Mudal. Sumber: https://instagram.com/sungaimudal/. Repost from @fikri._9
Kolam Taman Sungai Mudal. Sumber: https://instagram.com/sungaimudal/. Repost from @fikri._9

Spot yang kedua adalah jembatan dan tangga bambu yang sangat unik dan instagramable. Jembatan ini berfungsi untuk lintasan pengunjung apabila ingin menjelajah dari satu kolam ke kolam lainnya. Terdapat juga tangga bambu yang akan mengantarkan anda menuju air terjun Mudal. Banyak wisatawan memanfaatkan jembatan ini untuk mengabadikan momen kunjungan mereka. Tak hanya jembatan dan tangga bambu, di sekitar sini juga terdapat beberapa gazebo dengan atap ijuk yang bisa anda gunakan untuk bersantai.

Sumber: https://instagram.com/sungaimudal/
Sumber: https://instagram.com/sungaimudal/

Tak mau kalah dengan objek wisata lainnya, ekowisata Taman Sungai Mudal juga menyediakan fasilitas seperti flying fox, outbound dengan instruktur profesional, terapi ikan, zip bike, tree top anak-anak, dan camping ground. Bagi anda yang beragama islam, tak perlu khawatir karena untuk urusan ibadah, telah tersedia mushola yang layak. Bagi anda yang tidak punya kuota pun tidak usah khawatir apabila ingin langsung mengunggah foto anda ke Instagram karena di taman ini tersedia wifi gratis. Untuk ketersediaan toilet, anda tak perlu resah karena toilet umum telah tersedia dengan jumlah yang cukup memadai. Begitu pula dengan warung makan yang siap melayani kebutuhan perut anda apabila anda tidak membawa bekal.

Sangat lengkap dan menarik, bukan?. Jangan lupa ajak rekan dan keluarga anda untuk berkunjung kemari usai pandemi, ya!. Stay safe and healthy!.

VIDEO PILIHAN