Mohon tunggu...
Dwi Ardian
Dwi Ardian Mohon Tunggu... Statistisi

Pengumpul data belajar menulis. Email: 16.9090@stis.ac.id

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala FA, Harapan Terakhir Arsenal

31 Juli 2020   22:04 Diperbarui: 1 Agustus 2020   07:00 31 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Piala FA, Harapan Terakhir Arsenal
kompas.com

Liga Inggris (EPL) telah usai. Liverpool telah keluar sebagai juara setelah menanti 30 tahun. Manchester City, Manchester United, dan Chelsea juga telah dipastikan akan menemani The Reds di ajang Liga Champions musim depan.

Wakil Inggris di Liga Eropa pun telah dipastikan 2 tim dari 3 tiket tersedia. Dua tim yang dipastikan lolos Europa League adalah Leicester City dan Tottenham Hotspur di peringkat ke-5 dan ke-6 klasemen akhir EPL.

Satu tiket masih harus menunggu antara Arsenal sebagai finalis Piala FA dan tim peringkat ke-7 Wolverhampton Wanderers. Jika The Gunners kalah melawan The Blues di final Sabtu besok (1/8) maka dipastikan Wolves yang akan lolos.

Tiket Piala Eropa untuk wakil Inggris sebenarnya adalah tim peringkat ke-5 klasemen EPL, kampiun Piala Liga, dan kampiun Piala FA. Berhubung Manchester City sebagai pemenang Carabao Cup  yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions maka jatah tersebut diberikan kepada Hotspur, tim penghuni peringkat ke-6.

Arsenal yang menghuni peringkat ke-8 mau tak mau harus menang melawan Chelsea jika tetap ingin bermain di Eropa. Misi yang tentunya sangat sulit melihat performa mereka yang sedang tidak bagus. 

Meskipun begitu, secara head to head di ajang Piala FA, Arsenal unggul 9 kemengangan berbanding 5 milik Chelsea di 14 pertemuan terakhir. Bahkan, tim asuhan Arteta ini dua kali mengalahkan Chelsea di final yakni pada final tahun 2002 dan 2017.

Ada pun head to head di ajang Premier League musim ini dimenangkan Chelsea di kandang Arsenal dan imbang di Stamford Bridge, kandang Chelsea. Dari sisi pemain nampaknya pasukan Lampard akan lebih diunggulkan mengingat ada 5 pemain Arsenal dilanda badai cedera. Di antaranya adalah Gabriel Martinelli, Bernd Leno, Calum Chambers, Shkodran Mustafi, dan Pablo Mari. 

Akan tetapi, Chelsea tidak boleh lengah mengingat Arsenal sering membuat kejutan di ajang ini. Tercatat The Gunners merupakan tim dengan peraih trofi terbanyak Piala FA dengan 13 kali juara. Di peringkat ke-2 ada MU dengan 12 trofi, sedangkan Chelsea di peringkat ke-3 dengan raihan 8 trofi.

Kedua tim diyakini akan menciptakan pertandingan menarik dan mengeluarkan kemampuan terbaik untuk mendapatkan satu-satunya trofi di musim ini. Chelsea sebenarnya masih ada peluang di Liga Champions saat akan menghadapi Muenchen di leg ke-2 babak 16 besar. Sayangnya, mereka tertinggal 0-3 di leg pertama dan akan bertandang ke Allianz Arena, kandang Muenchen, 8 Agustus nanti. Hanya keajaiban yang bisa memenangkan mereka.

Pertandingan final Piala FA juga akan menjadi pembuktian bagi Arsenal bahwa mereka belum benar-benar habis. Mereka harus menjawab kritikan keras terhadap mereka. Jika kembali tidak memenangkan pertandingan nanti maka julukan sebagai tim medioker akan benar-benar sah disandang oleh The Gunners. Tim Meriam London yang kehabisan peluru.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x