Mohon tunggu...
Arif Rahman
Arif Rahman Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Menyukai hal-hal sederhana, suka ngopi, membaca dan sesekali meluangkan waktu untuk menulis. Kunjungi juga blog pribadi saya (www.arsitekmenulis.com) dan (http://ngeblog-yuk-di.blogspot.com)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Saatnya Kita Sadar Akan Pentingnya Jaminan Kesehatan

21 November 2017   06:29 Diperbarui: 21 November 2017   06:29 1094
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.bpjs-kesehatan.go.id

"Asuransi mendadak jadi barang paling penting dan dibutuhkan ketika seseorang akhirnya dirawat di rumah sakit"

Banyak orang baru akan merasa butuh dan menyesal ketika tidak memiliki proteksi di waktu yang sangat genting. Sebut saja salah satu di antaranya tidak punya jaminan kesehatan, seperti asuransi misalnya. Padahal barang yang satu ini sewaktu-waktu bisa menjadi dewa penolong di kala mendesak. Misalnya tanpa kita duga dan prediksi harus di rawat di rumah sakit untuk beberapa hari ke depan.

Jika tidak ada proteksi seperti asuransi, saya yakin saat dokter memvonis anda harus dirawat inap, di saat itu pula pikiran anda mulai berkecamuk. Entah itu mikirin makanan di rumah sakit yang tidak enak, aktivitas mencari nafkah terganggu, kegiatan dalam rumah tangga terganggu, hingga berapa lembar uang pecahan seratus ribu yang bakal melayang. Semua itu pasti langsung terpikirkan dalam sekejap, padahal sebelumnya cuek aja. Malah mungkin beranggapan fisik masih kuat ini, masih muda, lain sebagainya. Atau lebih sadis lagi, ada juga yang berpikiran badan saya yang punya, kenapa kamu yang repot.

Memang, setiap kali berbicara mengenai asuransi, banyak orang berpikirnya jangka pendek. Kebanyakan beranggapan bahwa asuransi itu hanya menguras isi kantong saja. Tiap bulan harus bayar premi yang jika dipikir-pikir lumayan juga buat nalangin kebutuhan sehari-sehari. Yah, meskipun hanya untuk 2-3 hari saja sih sebenarnya.

Itu juga kalau tinggalnya di kampung, seperti kampung halaman saya, Wakatobi. Tapi kalau buat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta misalnya, duit premi sebulan mana cukup buat kebutuhan sehari-hari. Malah mungkin di rasa kurang, harus nombok lagi.

Tak banyak orang yang berpikir jangka panjang mengenai manfaat asuransi yang sangat luar biasa. Dimana diwaktu yang sangat krusial dan terdesak, asuransi bakal tampil menjadi dewa penolong untuk anda. Yakin dan percaya saja, suatu saat manfaatnya akan anda rasakan juga bahkan ucapan terima kasih dan puja puji bakal anda tujukan padanya.

Pentingnya punya BPJS Kesehatan

Berbicara tentang asuransi ata jaminan kesehatan yang punya segudang manfaat, saya punya pengalaman yang sangat berharga. Pengalaman ini mungkin bisa membuat siapapun yang membaca tulisan ini sedikit terbuka pikirannya, lebih khusus lagi buat yang masih mengganggap bahwa Jaminan Kesehatan itu belum terlalu penting.

Salah satunya akan saya ceritakan dibawah ini.

Kurang lebih 3 tahun yang lalu, di saat sedang sibuk mengejar penulisan penelitian untuk skripsi saya dan mendekati waktu seminar hasil, tiba-tiba saya menerima kabar kurang mengenakkan. Kabar itu adalah salah satu adik saya masuk rumah sakit dan dokter mengatakan harus di rawat inap selama 2 minggu.

Sebagai mahasiswa dengan kiriman bulanan pas-pasan, saat mendengar kabar tersebut, rasanya seperti dijatuhi beban berton-ton. Sejak saat itu juga, pengerjaan penulisan skripsi yang saya kerjakan mulai tersendat, karena waktu saya lebih banyak habis dijalan bolak balik mengurus keperluan adik saya yang sakit. Perlahan-lahan, penelitian pun mulai sedikit tidak terurus. Dan ujian hasil saya pun jadi tertunda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun