Mohon tunggu...
Arif Rahman
Arif Rahman Mohon Tunggu... Freelancer

Menyukai hal-hal sederhana, suka ngopi, membaca dan sesekali meluangkan waktu untuk menulis. Kunjungi juga blog pribadi saya (www.arsitekmenulis.com) dan (http://ngeblog-yuk-di.blogspot.com)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Manfaat Membaca Buku

28 Oktober 2014   07:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   19:29 3921 0 0 Mohon Tunggu...

Di era yangmodern ini, kemajuan teknologi membuat segalanya menjadi mudah. Dunia pun seakan ada dalam genggaman kita. Dengan adanya teknologi, apa yang kita inginkan dengan mudah bisa kita dapatkan. Sebut saja salah satunya seperti internet.

Saat ini, internet bisa dikatakan telah menghipnotis semua kalangan. Siapapun yang menggunakan internet, pasti akan memiliki kesan serta pengalaman yang tidak bisa dilupakan saat pertama kali mengenalnya. Bahkan internet telah menjadi sebuah sarana untuk mengekspresikan diri. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa pun ikut bergelut di dalamnya dan kadang-kadang ada yang menggunakannya dari pagi sampai memasuki waktu pagi kembali.

Bagi yang tinggal di perkotaan, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan mendasar. Baik itu digunakan untuk sekedar berkomunikasi, menyelesaikan tugas, mengakses informasi, sebagai sarana untuk mengekspresikan diri lewat media sosial, main game online, dan sebagainya. Bahkan ada yang merasa kurang atau hilang jika dalam sehari tidak mengakses internet, apalagi media sosial. Hal ini bisa kita dikalangan anak-anak dan remaja.

Dibalik ketagihan akan internet serta euforia media sosial saat ini, membuat hampir semua kalangan melupakan sesuatu yang di jamannya menjadi sebuah tren sebelum internet menghipnotis penggunanya. Pasti banyak yang bertanya-tanya, apakah sesuatu yang dimaksud? Jawabannya tidak lain adalah “Buku”.

Mengapa harus buku? Karena sebelum semua orang mengenal internet, buku di anggap sebagai jendela dunia. Lewat buku, banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan, kita bisa dengan bebas memperluas wawasan, bahkan beraneka kejutan dan hiburan pun bisa kita peroleh.

Dengan adanya buku, kita dapat memahami kehidupan manusia dibelahan dunia lain, sekaligus dengan latar belakang sosial dan kultural mereka yang beragam. Bahkan bagi seorang penikmat buku, kecerdasan sosial, spiritual dan intelektual akan semakin terasah. Tidak jarang kita temui seseorang yang berubah kehidupannya karena terinspirasi oleh kata-kata yang terkandung dalam sebuah buku yang dibacanya.

Jika kita lihat dijaman yang serba modern ini, banyak orang terlalu sibuk dan larut dalam kehidupannya sehingga melupakan waktu untuk membaca buku. Tidak jarang pula kita temui orang yang mengatakan tidak punya waktu yang cukup untuk membaca. Malahan lebih senang meluangkan waktu untuk menonton, entah lewat televisi atau komputer/laptop. Padahal... membaca bukanhanya menambah wawasan saja, tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan hanya meluangkan dengan waktu untuk membaca, yaitu :

1.Melatih otak

Dengan sering membaca, secara tidak langsung dapat melatih otak dan pikiran kita. Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.

2.Dapat meringankan stress

Keindahan bahasa dalam sebuah tulisan memiliki kemampuan yang dapat menenangkan dan mengurangi stress, apalagi buku yang di baca berupa buku fiksi atau cerita humor.

3.Meningkatkan konsentrasi

Siapapun yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih fokus dan berkonsentrasi, serta memiliki kemampuan yang penuh perhatian dan praktis dalam kehidupan. Selain itu, dapat mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

4.Mengembangkan pola tidur sehat

Dengan terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka hal ini akan bertindak sebagai alarm bagi tubuh sehingga mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Dengan demikian dapat membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak dan pastinya bangun pagi akan terasa segar.

5.Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer (pelupa)

Membaca dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Saat membaca, otak akan dirangsang dan distimulasi secara teratur sehingga dapat membantu mencegah gangguan pada otak, termasuk penyakit Alzheimer.

6.Meningkatkan kosakata

Dengan rutin melakukan aktifitas membaca, secara tidak sadar kita memperluas perbendaharaan kata di kamus yang ada dalam otak kita. Untuk yang satu ini penting sekali bila diterapkan pada anak-anak.

7.Mengasah kemampuan menulis

Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, membaca juga bisa mengasah kemampuan menulis. Dengan rajin membaca, kita bisa mempelajari gaya menulis orang lain dengan membaca tulisannya. Dan dengan membaca, kita bisa mendapatkan ide yang melimpah untuk dijadikan bahan menulis.

8.Sarana refleksi dan pengembangan diri

Lewat membaca, kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri, sehingga bisa kita jadikan bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan sesuatu.

Jadi jangan hanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton televisi, bermain game komputer atau bersosial media saja, tetapi juga luangkan waktu untuk membaca buku. Kebiasaan baik itu tidak hanya akan menyegarkan pikiran tetapi juga memberi manfaat untuk kesehatan dan kehidupan.

Salam Kompasianer.

Makassar, 27 Oktober 2014

VIDEO PILIHAN