Mohon tunggu...
Arbie Haman
Arbie Haman Mohon Tunggu... Passionate in religious tolerance and pluralism campaign.

Alumni Ilmu Politik FISIP UI | Founder of Angkatan Muda Protestan Pluralistik (AMPP) | Kepala Departemen Wawasan Nusantara dan Bela Negara DPP GAMKI | IG: @arbiehaman @ampp_indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Terima Kasih Pak Sudarto

24 Desember 2019   08:30 Diperbarui: 24 Desember 2019   08:38 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terima Kasih Pak Sudarto
Bersama Pak Sudarto (kanan), Program Manager PUSAKA Foundation Padang. dokpri

Selamat merayakan Natal untuk warga Kristiani di Sumatera Barat! MERDEKA!

This post is dedicated to this interfaith & pluralism hero, Kakanda Sudarto, yang oleh karena cinta dan daya juangnya, akhirnya saudara-saudara kita di beberapa wilayah di Sumbar dapat melaksanakan ibadah Natal.

Dua puluh tahun memperjuangkan dan mengawal toleransi beragama di Sumbar bukanlah hal mudah. Tidak sedikit tekanan, intimidasi, dan intrik-intrik politis yang perlu dihadapi. Modal berani saja tidak cukup, perlu pengetahuan, strategi, dan doa berserah penuh kepada Tuhan.

Pasang dan surut, datang dan pergi, "hangat-hangat tahi ayam", bisa jadi hal yang biasa ditemukan saat mengarungi petualangan panggilan jiwa.

Mungkin ujian terberat adalah pada momen-momen dimana harus berjuang dalam kesendirian, tanpa dukungan, rekanan, apalagi juragan. Di masa-masa ini, hanya keyakinan utuh bahwa apa yang dilakukan adalah benar lah yang memampukan untuk bertahan.

Panggilan jiwa memang unik. Sudah tau tidak dibayar, sudah tau bakalan nombok, sudah tau cuma dapat ucapan terima kasih, paling mentok dikasih piagam dan nasi kotak, tapi masih saja ngeyel mau berbagi, ngeyel mau menolong, ngotot mau berjuang biar orang lain yang tidak seiman bisa beribadah, biar gereja tidak ditutup, tidak dirusak.

Idealisme dan Persistence (ketekunan, menghargai proses). Dua hal yang menjadi barang langka di zaman ini. Siapa memiliki keduanya, maka akan sangat dibutuhkan keberadaannya oleh zaman ini.

Suatu kebahagiaan bisa bertemu dan kenal dengan Bapak. Terima kasih Pak, sudah menjadi inspirasi buat saya dan kawan-kawan yang lainnya. Bapak tidak sendiri.

Panjang umur orang-orang pluralis, panjang umur Nusantara.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x