Mohon tunggu...
Irfan Arba
Irfan Arba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang biasa saja, Terimakasih sudah mampir, Jangan lupa tinggakan jejak pada tulisan tulisan saya Salam Kenal Semuanya

Selanjutnya

Tutup

Balap

GP Portugal: Kembalinya Marquez dan Yamaha Semakin di Depan

18 April 2021   21:09 Diperbarui: 18 April 2021   21:30 132 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
GP Portugal: Kembalinya Marquez dan Yamaha Semakin di Depan
Quartaro kembali back-to-back Juara 

Setelah pekan kemarin tidak ada jadwal balapan MotoGP. Pekan ini kembali bergulir, masuk pekan ketiga. Minggu 18 April 2021 menjadi race pertama di seri Eropa pada kalender balapan tahun ini. Dua seri pembuka sebelumnya (GP Qatar dan GP Doha)  yang dilangsungkan di Losail International Circuit pada 29 Maret dan 05 April waktu Indonesia.

Seri pembuka GP Qatar (29/03), Pembalap Yamaha Maverick Vinales (Yamaha) berhasil keluar sebagai pemenang dalam race pertama MotoGP. Diikuti dengan duo Ducati dibelakangnya, Johann Zarco dan Franscesco Bagnia pada podium dua dan tiga. Perebutan podium dua dan tiga sangat menegangkan di akhir menjelang finish. Rider Suzuki Joan Mir yang sempat diatas angin namun di saat saat terakhir trek lurus, motor Ducati menyalipnya dengan kencang sehingga membuat Mir harus puas mengakhiri balapan di posisi empat.

Balapan kedua, GP Doha yang dilangsungkan di area yang sama dengan seri pembuka, di Losail International Circuit (05/04). Yamaha kembali menjadi pemenang, Fabio Quartararo unggul atas dua rider Ducati kembali, Johann Zarco kembali menjadi runner-up dan diikuti rookie muda Jorge Martin di peringkat ketiga.

Marc Marquez kembali balapan di GP Portugal
Marc Marquez kembali balapan di GP Portugal
Seri ketiga, GP Portugal yang dihelat di Portimao pada 18/04 2021. Balapan kali ini selain menjadi pembuka seri Eropa juga menjadi kembalinya sang "Baby Alien" Marc Marquez, yak Rider Honda ini akan kembali turun untuk balapan kembali setelah hampir setahun absen pasca pemulihan cedera. Marquez pada musim lalu tampil terakhir kali pada GP Jerez dan mengalami kecelakaan tunggal yang menyebabkan dirinya harus mengakhiri musim cepat karena cedera parah yang dialaminya. Hal itu berarti harus istirahat panjang dari balapan kuda besi tersebut.

Bertempat di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao Portugal. Fabio Quartararo akan start paling awal setelah mendapatkan hasil konsisten pada kualifikasi hari sebelumnya. Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins di posisi kedua dan diikuti oleh Johann Zarco Rider Pramac Ducati Racing. Marc Marquez yang kembali tampil setelah penantian panjang dan absen pada dua seri sebelumnya akan start pada posisi enam, di belakang Jack Miller dan Franco Morbidelli. Valentino Rossi yang performanya semakin turun akan mulai dari posisi 17.

Pukul 19:00 WIB Race ketiga ini dimulai. Fabio Quartaro yang menjadi terdepan dalam start harus melorot pada awal awal dimulainya balapan. Marc Marquez yang mendapatkan semangat tinggi setelah kembali "mengaspal" langsung menyodok ke posisi lima besar demi mengamankan poin. Duel antara Alex Rins dan Johann Zarco sengit terjadi, posisi 1-2 pada awal sangat sangat seru. Namun beberapa lap kemudian Zarco sedikit melambat dan disalip oleh Rider Yamaha, Fabio Quartararo.

Kali ini Rins kembali bergantian berduel, lawannya kali ini adalah Quartararo untuk mendapatkan posisi terdepan, sementara itu Marc Marquez yang sempat mencuri perhatian posisinya malah melorot dan keluar dari lima besar. Pembalap Repsol Honda, Pol Espagaro harus masuk garasi lebih cepat karena mungkin terjadi permasalahan pada motornya.

Petaka terjadi bagi Jack Miller, pembalap Ducati Lenovo itu tergelincir dan crash pada tikungan ketiga saat masuk lap keenam. Masih di lap yang sama pembalap Red Bull KTM, Miguel Olivera pun crash pada tikungan 14, sang pembuat rekor sebagai rider tercepat menyelesaikan satu lap pada musim lalu, dan gagal mentutaskan balapan pada kali ini.

Balapan semakin seru, perebutan posisi terdepan masih diperebutkan oleh tiga pabrikan yang berbeda, Yamaha, Ducati dan Suzuki. Quartaro yang di depan terus dibayang bayangi oleh Zarco yang terus menguntit bersama dengan Rins, sementara Joao Mir dan Morbidelli saling mengamnkan posisi di lima besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN