Mohon tunggu...
Irfan Nur Arba
Irfan Nur Arba Mohon Tunggu... seorang pembelajar

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030089) Terimakasih sudah mampir, Jangan lupa tinggakan jejak pada tulisan tulisan saya Kritik dan Sarannya juga boleh, masih dan akan terus belajar untuk hal apapun, Salam Kenal Semuanya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sepekan Menuju Ramadan, Yuk Persiapan

6 April 2021   15:12 Diperbarui: 6 April 2021   15:16 91 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepekan Menuju Ramadan, Yuk Persiapan
sumber : media.suara.com

Bulan April telah datang, Bulan keempat dalam kalender Masehi. Di bulan ini, juga akan tiba suatu bulan yang penuh dengan kesenangan, kemewahan dan penuh berkah. Bulan Ramadan namanya, atau orang orang orang biasa dengan Bulan Berpuasa.

Bagi umat Muslim, kedatangan bulan Ramadan sangat dinanti nantikan, selain karena kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya, Bulan penuh berkah ini juga ditunggu kehadirannya setelah setahun lamanya menantikan kehadirannya kembali. 

Di Tahun ini, kedatangan bulan suci Ramadan pada bulan April, Ramadan kali ini juga akan menjadi yang kedua di masa pandemi virus Covid-19, setelah sebelumnya terjadi pada tahun lalu.

Menyambut bulan istimemwa ini, sudah semestinya dan seharusnya bagi setiap muslim untuk mempersiapkan diri sendiri maupun lingkungan sekitar dengan baik. Persiapan yang maksimal dan matang tentunya akan menambah keberkahan dalam menyambut bulan suci nan mulia ini.

Beberapa persiapan pun harus disegerakan mulai sekarang, antara lain

Persiapan Jasmani dan Rohani

Saat masuk pada bulan suci ini, kita akan melakukan ibadah berpuasa selama kurang lebih dua belas jam penuh, atau hampir satu hari. Kondisi Jasmani dan kesehatan badan pun harus terjaga agar bisa maksimal dalam beribadah berpuasa. 

Menjaga kesehatan tubuh atau jasmani bisa mulai dilakukan sejak sekarang, dengan menjaga pola hidup sehat, tidak begadang malam, mengurangi aktivitas berlebihan serta mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi agar siap nantinya ketika tubuh kita dalam menjalani ibadah puasa. 

Rohani pun perlu dipersiapkan, tidak perlu memikirkan yang berat berat apalagi hingga stress yang berlebihan, agar kondisi tubuh tetap stabil dan sehat selalu. Karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Iman dan Imun

Sudah menjadi kewajiban ketika datangnya, menyambutnya dengan hal hal baik. Memperdalam Ilmu agama serta belajar belajar mengenai  hal hal yang berkaitan seputar Ibadah Puasa serta sunnah sunnah yang ada di dalamnya, tentunya akan menambah keimanan kita dan menjadikan pribadi yang lebih siap dalam memasuki bulan suci ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN