Mohon tunggu...
Mahmud
Mahmud Mohon Tunggu... Penulis - Pembaca

Dan Penikmat Kopi

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Tanah Feodal

26 September 2020   07:03 Diperbarui: 26 September 2020   07:20 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aku harus pergi
Aku tidak bisa berlama-lama di sini
Aku tidak bisa menetap, untuk waktu yang lama.

Tidak!
Aku harus pergi
Di sini, aku tidak bisa hidup
Pikiran aku tumpul
Dan aku tidak bisa berpikir dengan bebas

Di sini, orang tidak boleh bicara kebenaran
Orang yang kritis dimusuhi, dibenci dan bahkan diusir.

Tapi, kebodohan hidup
Korupsi tumbuh subur
Dan "dipelihara" pula

Di sini, tanah feodal
Kita tidak boleh bicara apa-apa?
Kita tidak bisa menolak
Hanya manut saja

Itulah sebab aku harus pergi
Tidak bisa berlama-lama di sini

Mungkin di sana, ada kehidupan
Dengan ini; aku bisa berpikir dengan bebas
Tidak dikekang oleh kultur,
Yang menurut-"nya" baik.

Ah, itu palsu belaka, yang dibalut dengan moral!

Lihat saja!
Lintah darat tumbuh subur di gubuk-gubuk kecil
Menghisap darah-darah kehidupan tanpa henti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun