Mohon tunggu...
Mutiara Rizky
Mutiara Rizky Mohon Tunggu... Seorang mahasiswi

An ordinary girl

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Oleh-Oleh dari Pulau Jawa hingga Pulau Kalimantan

3 Juni 2020   19:00 Diperbarui: 3 Juni 2020   19:21 12 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh - oleh atau buah tangan adalah suatu hal yang wajib dibawa pulang saat kita habis melancong ke kota tetangga atau negara lain. Oleh - oleh ini bisa dalam berbagai bentuk dari magenet kulkas, baju adat atau kain khas tempat yang kamu kunjungi, cemilan atau hanya sekedar foto ditempat ikonik.

Ini dia beberapa oleh - oleh yang wajib kamu bawa pulang bila kalian pergi ke daerah dibawah ini.

1. Horog - horog

Horog - horog merupakan makanan pengganti beras / nasi dari khas Kota Ukir yaitu Jepara. Horog - horog hanya ada di Jepara saja dan sekarang keberadaanya sudah langka horog - horog tidak dapat ditemukan diluar kota Jepara. Biasanya kita dapat menemukan horog - horog di penjual baso, pecel, soto, sate sampai ke tukang es campur. IYA! es campur. karena horog - horog ini rasanya tawar jadi horog - horog bisa dimakan denga n campuran apa saja dari gurih hingga manis. 

horog - horog ini terbuat dari tepung sagu dan tidak tahan lama lebih kurang hanya bisa bertahan 2 hari kalau lebih dari itu horog - horog akan busuk. Tapi, jangan sedih kamu masih tetap bisa membawa horog - horog sebagai buah tangan karena sekarang horog - horog sudah ada yang instan dan dijual dengan harga yang terjangkau hanya 10ribu rupiah dengan kemasan 250gr . Horog - horog instan ini berbentuk tepung jadi bisa tahan hingga 2 minggu.

2. Olos

Olos adalah cemilan dari kota Tegal. Sekilas bentuknya seperti cimol dari provinsi Jawa Barat ya...

Olos ini terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu dan isi oleh sayur kol, cabai rawit, serta bumbu dapur lainnya. Rasanya yang gurih serta pedas ini membuat Olos memiliki banyak penggemar dari anak muda sampai orang dewasa. Olos ini termasuk kedalam makanan yang digoreng. Olos mentah hanya bertahan selama 3 hari saja. 

3. Kerupuk Antor

kerupuk antor ini disebut juga kerupuk pasir adalah kerupuk khas dari kota Tegal. Dari penampilannya sih tidak menarik karna warnanya yang kecokelatan dan terkesan kotor. Sesuai dengan namanya "Kerupuk Pasir", kerupuk ini digoreng tidak menggunakan minyak tapi menggunakan pasir. Pasir yang digunakan juga pasir khusus loh yang sudah terbukti aman dan bersih untuk dikonsumsi. kerupuk ini dapat kita jumpai di pasar tradisional dan pusat oleh - oleh dengan harga yang murah mulai dari 10ribu rupiah saja. 

4. Kain Sasirangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN