Mohon tunggu...
Arsad Rahim Ali
Arsad Rahim Ali Mohon Tunggu... Administrasi - Epidemiolog, Nutritionist, Perencana Pembangunan Daerah dan Citizen Journalist Blog

Bekerja ditingkat Kabupaten

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kesan Membaca Harian Kompas

28 Juni 2020   13:25 Diperbarui: 29 Juni 2020   09:10 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Di hari 55 tahun harian kompas ini saya ingin menulis sedikit kenangan, "Kesan Membaca Harian Kompas". 

Ditahun 1997-1999,  waktu kuliah dan juga pasca kuliah sekali-sekali saya membeli koran harian  kompas, yang saya suka baca berupa artikel atau laporan yang bersifat artikel, saya berusaha membacanya tuntas, berbeda dengan koran-koran lain kadang saya hanya membaca judulnya ataupun pengantar, kemudian pindah kebagian lainnya, tapi untuk artikel-artikel di harian kompas bukan saja saya membaca judul dan pengantarnya tapi semua untaian kalimat dan paragraf sampai paragraf terakhir. Konon katanya ada 6-7 tahapan editing tulisan yang harus dilakukan sebelum suatu tulisan diterbitkan, demikian kata senior saya waktu itu.

Saya lakukan demikian ---membaca tuntas---  karena bukan saja isi pesan  yang Saya ingin tahu tapi juga gaya bahasa mulai dari paragraf awal pembuka, paragraf isi ---content-- sampai dengan paragraf penutup, disini ada pembelajaran untuk melatih membaca sesesuatu secara tuntas, karena saya tahu bahwa para editor tulisan kompas mengarahkan setiap pembacanya secara tuntas dan isi pesan  dapat ditangkap dan diikat sebagai suatu informasi yang berguna. Saya belajar bagaiamana gaya bahasa artikel-artikel kompas, ya .. gaya bahasanya saya suka.


Melalui web blog kompasiana ini, saya ucapkan terima kasih,  ku ucapkan selamat 55 tahun kiprah koran harian kompas.  Sukses selalu

#kompas55

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun