Mohon tunggu...
Arako
Arako Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Best in citizen journalism K-Award 2019 • Pekerja Teks Komersial • Pawang kucing profesional di kucingdomestik.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Desa Wisata Karanganyar, Ramah Berkendara Meski di Lereng Pegunungan

1 November 2022   11:17 Diperbarui: 1 November 2022   11:22 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Desa Wisata Karanganyar [sumber: smol.id]

Berada tak jauh dari Candi Borobudur membuat Desa Wisata Karanganyar menarik sebagai destinasi alternatif. Daripada cuma pulang-pergi melihat candi, mending menginap semalam agar lebih menikmati. Ada apa aja sih? 

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu menjadi titik apik menikmati momen terbitnya baskara di kala fajar dengan pemandangan Candi Borobudur. Lokasinya memang nggak persis di desa Karanganyar, namun masih dalam kawasan Borobudur. 

Saya yang cenderung night owl daripada morning person ini rasanya mendingan nggak tidur sekalian daripada susah bangun dan melewatkan kesempatan

Pemandangan Alam

Karena terletak di lereng Pegunungan Menoreh, Desa Wisata Karanganyar menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata. Belum lagi dengan hamparan sawahnya dan hawa sejuknya. Aduh, baru bayangin aja saya sudah mesam-mesem sendiri. 

Selain itu, Desa Wisata Karanganyar juga memiliki sentra kerajinan gerabah, jamur merah, dsb. Nggak cuma bisa diamati, tapi juga dipelajari.

Nggak usah khawatir dengan masalah akses dan fasilitas, karena baru-baru ini Karanganyar menerima predikat Desa Wisata Ramah Berkendara dari Adira Finance. Ada 3 elemen kriterianya, yaitu: infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan ekosistem pariwisata. Infrastruktur di sini mencakup jalanan beraspal, lampu penerangan jalan, dan tempat pengisian bahan bakar.

Lokasi Menarik

Kabupaten Magelang ini memang menyimpan potensi wisata yang nggak kalah dengan kota-kota yang lebih besar. Salah satunya adalah "Nepal van Java" yang belakangan sedang hits di linimasa. Tempatnya masih sama-sama di kabupaten Magelang, tepatnya di dusun Butuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun