Arako
Arako mantan kuli tinta, freelance writer, mahasiswi

Random woman • Pekerja Teks Komersial • ADHD Person • Tukang Review • Pawang kucing profesional di kucingdomestik.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Ini Daftar 6 Kopi Termahal di Dunia

13 Maret 2018   19:57 Diperbarui: 14 Maret 2018   10:41 947 13 12
Ini Daftar 6 Kopi Termahal di Dunia
Jenis-jenis kopi termahal di dunia (kompas.com)

Mama saya pecinta kopi. Hidupnya tidak pernah lepas dari (minimal) secangkir kopi hitam asli per harinya. Satu hari saja beliau tidak ketemu kopi, tubuhnya jadi lesu tak bertenaga plus uring-uringan. Biasanya beliau ngopi di siang atau sore hari setelah pekerjaannya selesai.

Berbanding terbalik dengan kopi hitam lokal yang biasa diminum mama (yang bisa dengan mudah dibeli di warung-warung atau pasar tradisional terdekat dengan harga terjangkau), di dunia ini ada jenis kopi tertentu yang harganya sangat mahal. Meski kerap dianggap tidak masuk akal, ada saja orang-orang maniak kopi yang rela membelinya. Umumnya sih karena memang punya cita rasa khas nan spesial yang begitu memanjakan lidah, sehingga banyak yang rela berburu kopi-kopi ini sampai ke negara asalnya. Nah, jenis kopi apa saja yang dimaksud?

Berikut daftar 6 kopi termahal di dunia dengan cita rasa spesialnya :

1. Kopi Black Ivory

Proses pembuatan Black Ivory / Kopi Gajah ( nutscoffee.com)
Proses pembuatan Black Ivory / Kopi Gajah ( nutscoffee.com)
Pernahkah mendengar istilah kopi gajah? Kopi gajah lebih terkenal dengan sebutan Black Ivory. Jenis kopi dengan rasa mantap ini diproduksi dari biji kopi Arabika yang ada di negeri gajah, Thailand. Biji kopi tersebut dipetik dari ketinggian 1.524 mdpl yang kemudian diberikan ke gajah sebagai makanan.

Setelah dicerna, maka biji kopi tersebut akan dikeluarkan yang bercampur dengan kotoran gajah. Dalam pengolahannya, kopi tersebut dipisahkan dari kotoran gajah. Prosesnya mirip kopi luwak, ya?

Karena pengolahan yang tidak mudah dan produksinya yang terbatas (konon 32 kg biji kopi Thai Arabika hanya menghasilkan 2 ons black ivory saja), maka harga kopi ini melonjak naik menjadi US$50 setiap cangkirnya atau Rp 14,9 juta/kg.

2. Kopi Panama Hacienda Geisha Canas Verdes

Kopi Geisha (ottencoffee.co.id)
Kopi Geisha (ottencoffee.co.id)
Menyebutkan namanya saja sudah bikin lidah keseleo. Tapi bisa disingkat dengan kopi Geisha. Kopi ternama yang diproduksi dari hasil panen perkebunan Hacienda, Panama ini tak kalah menarik dengan kopi terkemuka lainnya. Selama sekitar 40-60 hari penyimpanan, kopi geisha ini akan menjadi matang namun belum akan dikirimkan. Kualitas kopi ini sangat memukau dan makin terkenal setelah memenangkan banyak penghargaan di bidang kualitas kopi, salah satunya Roster's Choice di SCAA pada tahun 2007. Kopi ini ditawarkan sejumlah US$350 per pound.

3. Kopi Luwak

Luwak memilih biji kopi terbaik
Luwak memilih biji kopi terbaik
Kalau yang ini sudah pasti tidak asing di telinga. Kopi luwak pamornya sangat tinggi di dunia karena keunikannya. Para pecinta kopi sangat mengagumi keistimewaan kopi ini. Rasanya yang lezat berasal dari biji kopinya yang berkualitas dan benar-benar matang. Keseimbangan rasa dan kekentalan kopinya juga pas di mulut. Rasanya tidak terlalu pahit seperti kopi lainnya.

Untuk menikmatinya, perlu budget sekitar US$300 per pound. Harga mahal ini sebetulnya sejalan dengan cita rasa kopi luwak beserta khasiatnya yang terbukti bagi kesehatan dan kecantikan. Sayang, akhir-akhir ini semakin sering beredar kopi luwak palsu berharga murah.

4. Kopi Saint Helena

Kopi St Helena dan Napoleon Bonaparte (thecoffeesmile.blogspot.com)
Kopi St Helena dan Napoleon Bonaparte (thecoffeesmile.blogspot.com)
Jenis kopi selanjutnya adalah kopi yang diberi nama Saint Helena. Kopi yang diproduksi di pulau kecil daerah Samudera Pasifik bagian selatan ini sangatlah digemari. Konon, tempat produksi kopi ini merupakan tempat singgah Napoleon Bonaparte. Bahkan, terdapat quote dari Napoleon yang berbunyi "The only good thing about St Helena is the coffee."

Kualitas kopi ini tergolong sangat baik dengan rasanya yang menakjubkan dan menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Anda bisa mencicipi kelezatan rasa floral fruity hints ala caramel dan citrus. Cita rasa tersebut sangat khas dan harus dicicipi, khususnya bagi Anda para pecinta kopi. Harga jual kopi ini adalah US$79 per pound.

5. La Cima, Finca El Injerto

Kopi asal Guatemala (ottencoffe.co.id)
Kopi asal Guatemala (ottencoffe.co.id)
Kopi yang berasal dari bagian barat salah satu negara di Amerika Tengah yakni Guatemala ini punya karakter luar biasa. Kopi yang ditanam di perkebunan setinggi 1.650 mdpl ini mempunyai varietas Bourbon. Setengah dari wilayah pertanian kopi ini merupakan hutan yang telah berumur ribuan tahun sehingga bukan hanya berfungsi "melindungi" pohon-pohon kopi yang ditanam saja tapi juga berpengaruh dalam menciptakan iklim mikro yang dibutuhkan untuk menghasilkan karakter luar biasa pada kopi. 

Olahan kopi ini berupa aneka minuman dengan flavors-nya yang macam-macam. Untuk menikmatinya, Anda bisa membeli dengan harga US$500 per pound.

6. Fazenda Santa Ines

Kopi Facenda, Brazil (Facenda coffee rooster)
Kopi Facenda, Brazil (Facenda coffee rooster)
Bergeser sedikit ke Amerika Selatan, kopi ini berasal dari Brazil. Produk kopi ini punya cita rasa enak dan pas manisnya. Rasanya hampir seperti caramel. Kopi ini ditawarkan dengan harga US$50 setiap 500 gram. Harga yang relatif mahal ini juga disebabkan oleh cara pengolahannya yang masih secara tradisional (dipetik secara manual menggunakan tangan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2