Kebanyakan pengusaha pemula dalam memulai mempunyai semangat menggebu-gebu dalam memulai usaha mereka, bagi mereka yang terpenting adalah produk atau jasa yang mereka jual pelanggan beli. Akan tetapi ketika produk yang mereka jual tidak laku mereka hanya menerimanya dan menyerah begitu saja.Â
Hal ini terjadi karena mereka tidak memahami dan tidak menyiapkan strategi dalam memasarkan produk mereka. Seandainya saja mereka memahami bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan baik dan menyiapkan strateginya tentu saja hal tersebut bisa saja tidak terjadi. Salah satu kemampuan yang setidaknya harus dipelajari bagi pengusaha pemula adalah sebagai berikut
Pahami Produk
Kenapa memahami produk yang dijual sangat penting....?? Jika seorang penjual tidak memahami produk yang mereka jual bagaimana mungkin pelanggan dapat percaya untuk membeli produk tersebut. Jika suatu produk ingin dibeli oleh pelanggan setidaknya mempunya karakteristik atau ciri khas produk tersebut yang membedakan dengan produk lainnya,Â
Contohnya seperti ketika ingin menjual cemilan pisang kemudian pahami cemilan pisang tersebut mempunyai ciri apa..bisa saja dibuat packaging dengan warna kuning seperti yang dilakukan oleh ZANANA . Kemudian juga produk tersebut juga mempunyai SELLING POINT  atau yang biasa disebut nilai jual seberapa bermanfaat produk tersebut  bagi customer. Apakah mempunyai manfaat secara fungsional..?? Manfaat Prsetige.....??
Perang Harga
Dalam suatu peperangan agar dapat memenanginya maka diperlukan suatu strategi yang baik untu memenagkan perang tersebut . Sama halnya dengan perang harga, harga selalu menjadi bagian penting dalam sebuah strategi dalam memasarkan suatu produk. Strategi harga bisa memberikan dampak yang signifikan untuk penjualan produk dan profit penjualan.Â
Hal ini seringkali tidak diperhatikan para pengusaha pemula dalam menentukan harga dari produk mereka. Apakah terlalu mahal....?? sehingga pelanggan enggan untuk membeli produk tersebut. Â Atau bisa saja terlalu murah....?? Sehingga pelanggan merasa produk tersebut tidak berkualitas, karena dibenak pelanggan produk murah biasanyatidak berkualitas. Maka dari itu harus dipahami strategi dalam penentuan harga. Seperti berapa Profit yang ingin didapatkan dan pahami biaya produksi dalam memporduksi produk tersebut.
Kenali Mangsa
Saat membuat strategi marketing yang paling penting harus dipahami adalah bagaimana kita dapat mengidentifikasi target pelanggan yang ingin dijadikan sebagai sasaran penjualan.
Viralkan produk