Mohon tunggu...
D. Wibhyanto
D. Wibhyanto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Bidang Sastra, Sosial dan Budaya

Penulis Novel CLARA-Putri Seorang Mafia, dan SANDHYAKALANING BARUKLINTING - Tragedi Kisah Tersembunyi, Fiksi Sejarah (2023). Penghobi Traveling, Melukis dan Menulis Sastra, Seni, dan bidang Sosial Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Ekspor Pasir dan 6 Dampak Kerusakan Ekologi yang Serius

7 Juni 2023   21:59 Diperbarui: 7 Juni 2023   22:03 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ekspor pasir. sumber image Koleksi Pribadi diolah dari canva.com

Ekspor Pasir dan 6 Dampak Kerusakan Ekologi yang Serius 

Pasir Diekspor untuk tujuan apa? Pasir dapat diekspor untuk berbagai tujuan tergantung pada jenis dan kualitas pasir yang dimaksud. Berikut adalah beberapa penggunaan umum pasir yang diekspor:

Konstruksi dan Infrastruktur: Pasir digunakan secara luas dalam industri konstruksi untuk pembuatan beton, semen, mortar, dan bahan bangunan lainnya. Pasir yang berkualitas baik digunakan sebagai agregat dalam campuran beton untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas struktural.

Reklamasi Lahan: Pasir sering digunakan dalam proyek reklamasi lahan atau proyek pengembangan pantai. Pasir diekspor untuk mengisi area di sekitar pantai atau lahan yang perlu diperluas atau diperbaiki.

Industri Kaca: Pasir kualitas tinggi, yang mengandung kandungan silika yang tinggi, digunakan dalam produksi kaca. Pasir diekspor ke pabrik kaca di seluruh dunia untuk digunakan dalam pembuatan kaca untuk jendela, botol, peralatan laboratorium, dan produk kaca lainnya.

Industri Minyak dan Gas: Pasir dikenal sebagai "pasir proppant" dan digunakan dalam proses penyemburan hidrolik (hydraulic fracturing) dalam ekstraksi minyak dan gas bumi. Pasir ini membantu menjaga celah-celah retakan tetap terbuka, memungkinkan minyak dan gas mengalir keluar dengan lebih efisien.

Filterisasi Air: Pasir yang dipilih dengan hati-hati digunakan dalam filter air untuk menghilangkan partikel-partikel dan kontaminan yang terlarut dari air minum, air limbah, atau air proses industri.

Industri Pembuatan Kertas: Pasir yang diproses khusus digunakan dalam pembuatan kertas sebagai agen pengisi untuk meningkatkan kekuatan, kehalusan, dan sifat-sifat lainnya dari kertas.

Industri Refraktori: Pasir kualitas tinggi dengan kandungan mineral tertentu digunakan dalam industri refraktori untuk membuat bata api, semen refraktori, dan bahan tahan api lainnya. Pasir ini tahan terhadap suhu tinggi dan digunakan dalam tungku industri, kiln, dan aplikasi refraktori lainnya.

Negara Negara Pengimpor Pasir

Banyak negara yang mengimpor pasir untuk memenuhi kebutuhan konstruksi, industri, dan infrastruktur mereka. Beberapa negara yang dikenal sebagai pengimpor pasir yang signifikan antara lain:

Singapura: Singapura adalah salah satu pengimpor pasir terbesar di dunia. Negara ini mengimpor pasir untuk proyek reklamasi lahan yang luas dan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dan pembangunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun