Mohon tunggu...
Aqlia Tsalisa A
Aqlia Tsalisa A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa akhir yang sedang mencoba menulis.

Selanjutnya

Tutup

Seni

History Paper Quilling Seni Menggulung Kertas

14 September 2022   23:01 Diperbarui: 14 September 2022   23:11 52 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sejarah Paper Quilling dibuat menggunakan canva

Beberapa diantara kalian mungkin ada yang masih belum mengenal apa itu paper quilling. Singkatnya paper quilling art adalah seni menggulung kertas. Yup, kegiatan menggulung kertas yang mungkin tanpa kita sadari kita lakukan di kala bosan ternyata merupakan salah satu seni kerajinan tangan yang cukup populer lho.

Mulanya paper quilling berkembang di Eropa pada abad ke-17 dengan nama paper filigree atau roll work. Pada masa itu paper quilling digunakan oleh biarawan di Perancis dan Italia sebagai hiasan properti bersifat keagamaan.

Kala itu, gereja membutuhkan hiasan untuk dekorasi gereja namun kekurangan dana. Beberapa biarawan berinisiatif membuat hiasan dekorasi dari kertas yang digulung membentuk ornamen bersifat keagamaan dan diberi bubuk emas serta perak.

Seiring berkembangnya waktu pada abad ke-20 seni paper quilling mulai menyebar ke berbagai wilayah hingga Amerika dan peruntukannya tidak hanya untuk acara keagamaan saja. Di Inggris sendiri paper quilling  digunakan sebagai hadiah.

Putri Elizabeth, putri dari Raja George III, dalam kesehariannya sering membuat hiasan ornamen dari kertas yang digulung yang kemudian dijadikan sebagai hiasan pada kotak perhiasan, sebagai hadiah ulang tahun, dan sebagainya. Sang  putri dikenal dengan roll work-nya karena kegemaran serta kemahirannya dalam membuat paper filigree atau paper quilling.

Kini paper quilling sering dijadikan sebagai sebuah hobi, bahkan tak jarang seni ini dijadikan sebagai salah satu profesi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Paper quilling dalam penggunaannya di masa sekarang dapat dijadikan sebagai kado wisuda maupun kado ulang tahun hingga kado pernikahan, bahkan tak jarang paper quilling dijadikan sebagai karya seni murni yang bernilai tinggi.

Tak jarang paper quilling sering dijadikan sebagai kado karena kita dapat membuat berbagai macam bentuk dan rupa sesuai dengan kreatifitas kita. Jika kalian ingin memberikan kado spesial dan anti mainstream berupa paper quilling namun tak memiliki waktu, Paper Handcraft dapat dijadikan sebagai sebuah pilihan. Di sini kalian dapat custom berbagai macam bentuk dan tentunya dengan harga terjangkau.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan