Mohon tunggu...
Aqilia ShofiKurnia
Aqilia ShofiKurnia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gapailah cita-citamu setinggi langit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Belajar Adaptive Skill Melalui Social Experiment

23 Oktober 2021   12:40 Diperbarui: 13 November 2021   12:39 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloo semua, perkenalkan saya Aqilia Shofi Kurnia Sari biasa dipanggil Aqilia dari prodi Kesehatan Masyarakat Universitas NU Surabaya.  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti agenda Psikologi dari SMA saya.

Pada tahun 2018 saya masuk SMA di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya yang sering disebut sebagai Sekolah Keterbakatan. Di Sana Terdapat Banyak Sekali Ekstrakurikuler Yang Di Sediakan. Seperti English Club, Sains, Psikologi , Arsitek, Modelling, Tata Busana, Tahfidz, Mapala, Broadcasting, Jurnalistic, Paskibra,  Floorball, Hockey , Tapak Suci, Basket, Futsal, Bulu Tangkis, Multimedia, E-Sport, Panahan, Dayung , Tari , Softball, Anggar, Band, Brassband, Entrepreneur, dan masih banyak lainnya.

Dari banyaknya ekstrakurikuler di SMA  Muhammadiyah 10 Surabaya, salah satu ektrakurikuler yang  saya ikuti yaitu Psikologi. banyak materi yang bisa kita pelajari  di psikologi ini seperti mempelajari tingkah laku manusia , Pengamatan dan Social Experiment. Kami memiliki agenda kegiatan tahunan yaitu berlibur di Malang.

Pada tanggal 1 november hingga  2 November 2018 kami anggota psikologi SMA Muhammadiyah 10 Surabaya pergi ke Malang dengan menggunakan kereta dari stasiun Surabaya sampai stasiun Malang. Sebelum pergi ke Malang, Guru Pembina Kami telah membagikan beberapa kelompok, yang beberapa kelompok berisi 5-6 orang. Sesampainya di stasiun Malang, kita semua berpencar sesuai kelompok masing-masing untuk mencari angkutan umum yang diharapkan dalam satu angkutan umum tidak terdapat kelompok lain menuju ke Villa tempat menginap kami yang berada di Batu. singkat cerita pada  siang harinya kami dikumpulkan di ruang tamu untuk bermain games dimana kami perkelompok diberikan tugas untuk menyelesaikan teka teki tentang 4 Teori Psikologi Perkembangan. Sore hari nya kami pergi menuju Alun-Alun Batu, disana Guru Pembina kami memberikan Tantangan Social Experiment untuk bisa berinteraksi dengan orang baru dan membantu mereka untuk menyampaikan trauma apa yang masih ada dalam pikirannya hingga saat itu. Alhamdulillah kami berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Ya meskipun banyak dari mereka yang awalnya tidak mau kami ajak berbicara tetapi tidak banyak juga orang-orang yang mau kita ajak bicara  dan berkenalan. Malamnya semuanya berkumpul di ruang tamu dan di perintahkan untuk menuliskan curhatan hatinya,dan ternyata malam itu adalah malam renungan. Singkat cerita besok paginya tanggal 2 November 2018 setelah sarapan, Pembina kami memberikan games dimana tiap perwakilan kelompoknya ditutup matanya dengan membawa air di dalam botol dan harus berjalan sesuai instruksi teman kelompoknya. Yang menjadi rintangannya yaitu kelompok lain ikut menginstruksikan jalan yang salah agar perwakilan kelompok yang main terkecoh dengan suaranya. Lanjut sorenya kami persiapan pulang ke Surabaya.  Sebelum itu kami melipir terlebih dahulu ke Jodipan atau Kampung Warna Warni yang berada di dekat stasiun Malang. Disana kami diperintahkan untuk berinteraksi Kembali dengan warga kampung sana dan mencari seseorang yang mau bermain games teka-teki bersama. Dan ya alhamdulillah respon dari warga setempat sangat baik, dan bisa bekerja sama dengan baik. Setelah dari Jodipan kami pulang untuk kembali ke Surabaya dan di kereta kami bercerita satu sama lain apa saja kejadian-kejadian lucu ketika menyelesaikan tantangan dari Guru Pembina kami. 

Dari cerita diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena kita bisa belajar beradapatasi dengan orang baru, bagaimana cara pendekatan kita terhadap orang baru agar mereka bisa tidak merasa takut berkenalan dengan orang baru, dan kita bisa belajar arti kebersamaan dengan melakukan Social Experiment tersebut.

Nama           : Aqilia Shofi Kurnia Sari 

NIM               : 2130021032 

Prodi            : S1 Kesehatan Masyarakat

Universitas   Nadhatul Ulama Surabaya 

Tugas Bahasa Indonesia 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan