Mohon tunggu...
Aqilia ShofiKurnia
Aqilia ShofiKurnia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gapailah cita-citamu setinggi langit

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pencemaran Udara yang Terjadi di Sekitar Kita

23 Oktober 2021   11:14 Diperbarui: 13 November 2021   12:43 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Haii , bertemu Kembali dengan Saya Aqilia dalam penulisan kali ini.

Gangguan Kesehatan lingkungan yang sering terjadi di pemukiman penduduk adalah Pencemaran Udara.  Pencemaran udara ini memiliki faktor penyebab yaitu berasal dari abu yang dikeluarkan dari Gunung Berapi, asap kebakaran hutan, asap pabrik, asap rokok dan asap kendaraan bermotor, dan asap pembakaran limbah rumah tangga . Disini saya akan membahas tentang pencemaran udara yang biasanya dialami di Kota Besar . Diwilayah kota yang padat penduduk yang terdapat banyak pabrik dan minimnya penghijauan tentunya mengakibatkan pencemaran lingkungan di sekitarnya .

Diantaranya Polusi udara yang di sebabkan oleh Limbah dari Pabrik,asap kendaraan bermotor, asap pembakaran limbah rumah tangga dan polusi udara yang disebabkan dari Asap rokok.

Dampak pencemaran  ini dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan seperti asma, infeksi paru-paru,Dan berbagai penyakit Lainnya. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan lingkungan ada beberapa hal yang harus dilakukan guna mencegah terjadinya gangguan kesehatan.

Pencemaran udara yang disebabkan Limbah Pabrik

Pada wilayah perkotaan yang terdapat banyak pabrik yang tentunya ada limbah yang di timbulkan dari hasil produksinya. Pencemaran udara dari limbah pabrik bisa di cegah dengan mengolah limbah pabrik dengan benar Membuang limbah pada tempat yang sudah di tentukan serta memperbanyak penghijauan.

Pencemaran udara yang disebabkan oleh Kendaraan bermotor

pada umumnya Orang- orang menggunakan kendaraan bermotor karena mempermudah untuk melakukan aktifitas sehari-hari seperti untuk bekerja, berpergian ke pasar, ke sekolah dan lain-lain. Penggunaan bahan bakar untuk kendaraan bermotor dapat  menciptakan zat-zat pencemar seperti  Karbondioksida, Debu, Hidrokarbon, Nitrogenoksida dan lain-lain.

asap kendaraan bermotor dapat kita cegah dengan penggunaan masker agar asap tidak mudah terhirup apabila memungkinkan mengurangi  penggunaan kendaraan bermotor seperti menggunakan sepeda ayun atau berjalan kaki juga dapat mengurangi polusi udara disekitar kita.

Polusi udara yang disebabkan oleh Limbah Rumah Tangga

Banyak masyarakat yang masih suka membakar sampah karena minimnya pengetahuan tentang bahaya polusi yang di timbulkan. Oleh karena perlu di berikan edukasi tentang bahaya pencemaran udara dan gangguan kesehatan yang di timbulkan dari pembakaran limbah rumah tangga selain itu diperlukan tempat khusus pembuangan atau pembakaran Limbah Rumah tangga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan