Mohon tunggu...
Aqila Vinta
Aqila Vinta Mohon Tunggu... Mahasiswa - MahasiswA

Hobi:ngefangirl

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Self Love: Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri

20 September 2022   23:12 Diperbarui: 20 September 2022   23:19 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Self love bisa diartikan sebagai mencintai diri kita sendiri. Istilah self love memiliki makna bagaimana kita dapat menerima,menghargai dan mencintai diri kita. Self love ini didefinisikan sebagai dimana kita dapat menghargai dan mengapresiasi diri kita dan mampu berdamai dengan diri sendiri sehingga menajdi seorang yang positif untuk diri sendiri maupun orang lain.Contoh dari self love ini adalah misalnya menerima kekurangan yang ada dalam diri kita sendiri dan focus terhadap pencapaian dari diri kita.

Sebagian orang beranggapan bahwa self love sebagai rasa peracya diri dan bangga terhadap diri kita, namun self love berbeda dengan narsisme. Mungkin ada yang belum tahu narisme itu apa. Narisme sendiri yaitu sikap atau perilaku seseorang yang terlalu mencintai diri nya sendiri, biasanya orang yang dikatakan narsisme lebih cenderung menganggap diri nya selalu benar dan kelihatan egois.

Singkatnya menerapkan self love dalam diri kita itu sangat amat penting karena dengan kita menerapkan bahwa kita mencintai diri kita semakin kita akan berpikiran positif dan belajar menerima apa adanya dalam diri kita.

Dengan mencintai diri kita sendiri hubungan dengan orang lain akan lebih bermanfaat misalnya saat berinteraksi dengan seseorang kita akan percaya diri dan tidak merasa malu atau insecure dengan kemampuan yang kita miliki.

Apabila seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri akan merasa bahwa dirinya selalu kekurangan dan tidak pernah puas atau bisa dibilang insecure.

Apa sih akibat atau jadinya apabila seseorang merasakan hal teresebut?.

Biasanya seseorang yang mengalami hal tersebut akan tidak merasa aman yang berujung mereka akan lari dari masalah dan tidak bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Mereka juga akan cenderung memiliki emosi yang tidak seimbang.

Sebenarnya memberi kritik kepada diri sendiri itu tidak salah, memberi kritik juga agar kita dapat intropeksi diri tetapi apabila terus menerus akan membuat kamu mudah putus asa,depresi bahkan sampai membenci diri sendiri yang mengakibatkan bunuh diri.

Gimana sih cara kita agar self love?

Kunci dari self love sendiri itu adalah mengenal dan memahami karakter diri kita sendiri. Mengenal diri kita sendiri ini adalah langkah awal dari self love untuk bisa lebih berkembang dan menemukan jati diri kita sendiri. Dengan kita mengenal diri, kita bisa menentukan alur dalam kehidupan kita oleh sebab itu kita lebih mudah memahami dan menyesuaikan kondisi diri kita sendiri.

Selain mengenal diri kita sendiri, kita juga harus menghargai diri sendiri, dalam self worth ini kita tidak perlu mengikuti standar orang lain, focus kepada pencapaian yang kita punya karena semakin kita melihat orang lain, kita tidak akan pernah puas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan