Mohon tunggu...
Aqib Farooq Mir
Aqib Farooq Mir Mohon Tunggu... Writer.

My name is Aqib Farooq from Occupied Kashmir India. Currently, I am residing in Aceh, Indonesia. I like writing about politics, geopolitics, history, Islam and economy.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Era Rumah Sakit Islam

14 Juni 2021   00:03 Diperbarui: 14 Juni 2021   00:05 47 1 0 Mohon Tunggu...

Hari ini, saya ingin menjelaskan beberapa rumah sakit Islam. Bagaimana dokter Muslim memperlakukan pasien dan bagaimana mereka mengelola administrasi di Era itu.

Kata "rumah sakit" berasal dari bahasa latin yang berarti "hospitium". Dalam dunia Islam mereka dikenal dengan sebutan "Bimaristan" atau "dar al-shifa".

Dunia Islam telah memberikan kontribusi lebih terhadap obat-obatan. Sistem rumah sakit Islam didasarkan pada hukum Syariah. Rumah sakit Islam melayani semua pasien secara gratis tanpa memandang agama, warna kulit, jenis kelamin dan status sosial mereka. Laki-laki dan perempuan dipisahkan dari bangsal yang berbeda. Itu dikelola dengan staf perawat dari jenis kelamin yang sama. Pasien dengan penyakit yang berbeda dialokasikan dengan penghargaan yang berbeda. Rumah sakit menyediakan pasokan air yang berlimpah kepada pasien untuk fasilitas mandi. Meskipun, hanya dokter yang memenuhi syarat yang memenuhi syarat untuk praktik kedokteran. Semua rumah sakit memiliki ruang pertemuan, dan perpustakaan dengan buku-buku terbaru. Semua mahasiswa dan dokter memiliki fasilitas perumahan di rumah sakit.

Dalam sejarah medis, dokter Muslimlah yang menyimpan catatan pasien dan perawatan medis mereka.

Saat masuk, pasien diberi pakaian khusus untuk dipakai dan pakaian, uang, dan barang-barang lainnya disimpan.

Saat keluar, manajemen rumah sakit memberi setiap pasien lima koin emas. Petugas medis mengunjungi penjara dan sekolah.

Rumah sakit Islam berfungsi sebagai sekolah kedokteran untuk mendidik dan melatih siswa untuk kedokteran.

Rumah sakit Tulum di cario memiliki 100.000 buku Universitas Mustansiriyya di Baghdad memiliki 80.000 buku. Perpustakaan Cordova memiliki 600.000 buku.

Pada abad ke-12 dan ke-13, rumah sakit di Mesir dan Suriah dianggap oleh para sejarawan dan pelancong sebagai salah satu harta peradaban Islam. Ketika Paris dan London memiliki jalan gila dan rumah lumpur. Suriah, Mesir, Baghdad memiliki rumah sakit luar biasa yang dilengkapi dengan inovasi. Para pasien dengan penyakit mental diperlakukan dengan lembut. Pada malam hari, pasien dirawat dengan musik dan bercerita.

Saya akan menyebutkan beberapa nama rumah sakit yang terkenal di dunia.

1. Rumah sakit Al-Nuri 2.  Rumah sakit Al-Salahani 3. Rumah sakit Al-Adudi 4. Rumah sakit Al-Muqtadiri 5. Rumah sakit Granada 6. Rumah sakit Marrakech 7. Rumah sakit Al-Mansuri 8. Rumah sakit Al-Qayrawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x