Mohon tunggu...
Apsyah Paradila
Apsyah Paradila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menyikapi dan Mengatasi Percepatan Penyebaran Informasi sebagai Upaya dalam Memerangi Hoax pada Era Digital

29 November 2021   19:11 Diperbarui: 29 November 2021   20:09 71 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Mahasiswa Unpam Dengan Dosen Pembimbing (dokpri)

Dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini bertemakan "Menyikapi dan Mengatasi Percepatan Penyebaran Informasi Sebagai Upaya Dalam Memerangi Hoax Pada Era Digital".

Kegiatan ini berlangsung di Balai Warga Dasawisma RW 13 Pademangan Barat pada tanggal 03 Oktober 2021. Sosialisasi materi dilakukan kepada kelompok Ibu-Ibu Dasawisma. Peserta yang mengikuti materi berjumlah 15 orang. Sosialisasi ini sangat penting dilakukan, mengingat kalangan Ibu-Ibu pada saat ini termasuk sebagai golongan pengguna aktif platform digital seperti social media, dan pesan berantai.

Sambutan Ketua PKM (dokpri)
Sambutan Ketua PKM (dokpri)

Ini merupakan salah satu upaya dalam rangka sosialisasi cara untuk menyikapi dan mengatasi percepatan penyebaran informasi. Karena sebetulnya, percepatan penyebaran informasi ini merupakan sebuah hal yang positif, apabila dilakukan dengan benar. 

Sektor pemerintahan bisa dapat dengan mudah melakukan sosialisasi  program-program terbaru, sehingga pemerataan informasi bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. 

Sektor bisnis juga bisa melakukan kegiatan promosi dengan efisien. Namun hal tersebut bisa juga diikuti oleh hal yang negatif, seperti adanya berita hoax, black campaign, dll. 

Hal tersebut lah membuat kegiatan ini ada dan bergerak melakukan sosialisasi agar warga bisa mengetahui manfaat dari percepatan penyebaran informasi, dan bisa menghindari kerugian dari percepatan penyebaran informasi tersebut.

Foto Bersama Ibu-Ibu Dasawisma (dokpri)
Foto Bersama Ibu-Ibu Dasawisma (dokpri)

Kegiatan berlangsung secara kondusif, serta antusias. Kelompok Ibu-Ibu Dasawisma sangat bersemangat untuk mengetahui lebih dalam mengenai materi percepatan penyebaran informasi ini. 

Selain itu Kelompok Ibu-Ibu Dasawisma juga menyadari bahwasanya mereka berada di ujung tombak percepatan penyebaran informasi, sehingga kedepannya mereka akan lebih aware terhadap apa yang diterima, dan juga apa yang dibagikan.

Foto audience pada saat pemaparan materi (dokpri)
Foto audience pada saat pemaparan materi (dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan