Mohon tunggu...
APRILINA AYU NABILA
APRILINA AYU NABILA Mohon Tunggu... Mahasiswa - (Bibil)

Jika ingin mengenal dunia, maka membacalah. Jika ingin dikenal dunia, maka menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengenal Perilaku Individu dan Perilaku Kelompok Guna Menunjang Pengetahuan SDM

28 September 2021   12:37 Diperbarui: 1 Oktober 2021   01:37 131 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Perilaku Individu dan Perilaku Kelompok Guna Menunjang Pengetahuan SDM
perubahan-perilaku-6152a7fc06310e79dc766bd2.jpg

Menurut (Akhmad Mu: 2021) manusia adalah keunikan, karenanya dia akan menjadi cerita bagi dirinya dan bagi orang lain. Sehingga sampai kapanpun, manusia akan menarik untuk diteliti.

Berbicara mengenai perilaku, secara tidak sadar setiap manusia itu memiliki respon yang berbeda, baik itu bersifat sederhana maupun rumit. Maka dapat dikatakan  setiap individual itu memiliki karakteristik atau ciri khas yang berbeda-beda. Benar kata pepatah duhulu bahwasannya "setiap kepala itu memiliki pemikirannya masing-masing". Sehingga keunikan setiap individu inilah yang menjadi daya tarik bagi pribadi tersebut.

Illustration (Sumber gambar: https://rizki106354917.wordpress.com/)

Individual Behavior (Perilaku Individu)

Menurut Thoha, perbedaan perilaku manusia memiliki aspek mendasar yaitu:

  • Manusia memiliki perilaku yang berbeda karena kemampuannya yang tidak sama. Beberapa pendapat memaparkan penyebab perbedaan hal tersebut seperti anggapan bahwa sejak lahir manusia memiliki takdir kemampuan yang tidak sama, ada juga yang menyatakan karena perbedaan dalam kemampuan mencerna informasi dan lain-lainya.
  • Manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Secara umum perilaku itu didorong oleh serangkaian kebutuhan, yakni berasal dari pernyataan-pernyataan dalam diri seseorang (internal state), oleh karenanya seseorang akan berbuat berbagai hal untuk mencapainya sebagai objek atau hasil. Pemikiran tersebut dapat berupa tentang masa depan, dan pilihan tentang bagaimana ia akan bertindak.

Individual behavior merupakan nilai kebiasaaan dari manusia atau individu itu sendiri yang memiliki perbedaan antara manusia satu dengan yang lain, baik itu kemampuan ataupun skill setiap individu. Teori individual behavior inilah yang menjadi rujukan utama mengapa perilaku setiap manusia itu berbeda.

Apa penyebab adanya perilaku individu?

Perilaku individu dibagi menjadi dua kelompok yaitu

  • Inherited Characteristics (karakteriktistik warisan/turunan) misalnya fisik dan ras.
  • Learned characteristics (karakter yang dipelajari dari lingkungan) misalnya kepribadian, sikap, presepsi dan nilai serta keyakinan.

Group Behavior (Perilaku Kelompok)

Hornby, A.S (1973:441) menyatakan bahwa kelompok adalah sejumlah orang atau benda yang berkumpul atau bertempat secara bersama-sama atau secara alamiah berkumpul. Dan Webster (1989:455) berpendapat bahwa kelompok itu beberapa orang atau benda yang memiliki hubungan erat dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan. Sehingga kesimpulan dari kelompok yaitu bagian kehidupan manusia yang setiap harinya melakukan aktivitas bersama. Dan perilaku kelompok yaitu sekelompok manusia yang mengambil sebuah tindakan dalam mencapai tujuan bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan