Mohon tunggu...
Aprilia Salsabila
Aprilia Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam IAIN, Jember.

Mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam IAIN, Jember.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pendekatan Studi Islam

13 Desember 2019   21:03 Diperbarui: 13 Desember 2019   20:59 10 0 0 Mohon Tunggu...

Pendekatan Studi Islam


Studi Islam sendiri yaitu cara kerja untuk memudahkan kita sebagai manusia dalam memahami dan mendalami Islam secara luas dan menyeluruh. Hal ini dilakukan agar tidak muncul pola pikir yang dangkal. Adapun macam-macam pendekatan studi Islam antara lain:

  1. Pendekatan Normatif adalah pendekatan yang lebih menekankan pada aspek norma-norma dalam ajaran Islam.
  2. Pendekatan Antropologis yaitu ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dari manusia. Dalam studi Islam pendekatan ini merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  3. Pendekatan Sosiologis ialah salah satu upaya dalam memahami agama dengan cara meningkatkan kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
  4. Pendekatan Teologis adalah salah satu upaya dalam memahami eksistensi Tuhan dalam sebuah konsep nilai-nilai Ketuhanan.
  5. Pendekatan Fenomenologis ialah pendekatan agama dengan cara membandingkan berbagai macam gejala dari bidang yang sama.
  6. Pendekatan Filosofis adalah proses studi tentang kependidikan yang didasari dengan nilai-nilai sejarah Islam sebagai konsep cinta terhadap kebenaran.
  7. Pendekatan Historis yaitu salah satu upaya yang memahami agama dengan cara mempelajari sejarah nilai-nilai Islam yang berisikan kisah-kisah ke umpamaan.
  8. Pendekatan Politis adalah salah satu upaya memahami agama dengan cara menumbuhkan dan menanamkan nilai-nilai agama pada lembaga sosial agar timbul perasaan atau keinginan untuk meraih kesejahteraan serta perdamaian masyarakat.

Pendekatan Normatif

Normatif berasal dari kata Norm yang artinya norma/ajaran/acuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia normatif artinya patuh pada norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat. Sehingga yang dimaksud dengan normatif ialah peraturan yang mengatur baik dan buruknya perbuatan berdasarkan ajaran yang ada di dalam masyarakat. Jika dihubungkan dengan studi Islam pendekatan normatif berarti Islam sebagai Wahyu atau doktrin ilahiyah atau lebih menekankan kepada aspek norma-norma dalam ajaran Islam yang terdapat dalam Alquran dan Al-hadist.

Pendekatan Sematik

Sematik adalah studi dan analisis tentang makna-makna linguistik. Maksudnya, sematik merupakan suatu ilmu yang menelaah lambang-lambang atau tanda-tanda yang menyatakan sebuah makna dan hubungan makna yang satu dengan yang lainnya. Makna merupakan objek kajian sematik karena berada dalam satuan-satuan dari bahasa berupa kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana.

VIDEO PILIHAN