Mohon tunggu...
Aprilia Eka Riyani
Aprilia Eka Riyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

An Excellent Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Love Your Earth Bersama Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya

3 Juli 2022   18:10 Diperbarui: 3 Juli 2022   18:32 85 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat ini, beragam masalah lingkungan kerap bermunculan, penting bagi kita untuk menjaga kelestarian alam demi menghindari dan mencegah masalah tersebut semakin parah. 

Musim penghujan menjadi salah satu faktor yang memperbesar potensi terjadinya tanah longsor. Selain itu, abrasi juga merupakan salah satu masalah lingkungan yang harus mendapatkan perhatian masyarakat khususnya mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Berdasarkan data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia memiliki wilayah hutan seluas 125.797.052 Ha dan laut seluas 3,25 juta km persegi menurut Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. Dengan luasnya wilayah yang ada, tentunya Indonesia memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menghadapi masalah lingkungan seperti longsor dan abrasi. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan sendiri bagi penduduk Indonesia yang tinggal di daerah dataran tinggi dan pesisir pantai.

Salah satu penyebab longsor adalah ketidakmampuan tanah untuk mengikat air yang masuk ke dalamnya. Dengan adanya penanaman tumbuhan dapat meringankan beban tanah dalam menyerap air hujan yang masuk kedalamnya. Sehingga longsor bisa terhindarkan. Sedangkan abrasi diakibatkan oleh ombak laut yang mengenai sisi daratan yang kemudian mengikis daratan sedikit demi sedikit. Penanaman bakau di daerah pantai dapat meleburkan kekuatan ombak sehingga ombak dapat menghilang sebelum sampai pada wilayah daratan.

GEN Corps merupakan pelaksana eksekutif Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga di bidang Pengkaji Lingkungan dan Medis yang berfokus pada lingkup keperawatan mengadakan G-Action 2022 dengan maksud untuk memperingati hari Bumi Sedunia dan hari Laut Sedunia 2022 yang masing-masing pada tanggal 22 April dan 8 Juni. 

G-Action berisi kegiatan penanaman bakau di Mangrove Wonorejo, Surabaya dan penanaman pohon di Bukit Lorokan, Mojokerto. Kegiatan Ini Bertujuan untuk meningkatkan perhatian dan semangat anggota GEN Corps, civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, serta beberapa organisasi pecinta alam di luar Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dalam pelestarian lingkungan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Hari pertama G-Action 2022 (18 Juni 2022), dimaksudkan untuk memperingati hari Laut Sedunia yaitu dengan melakukan kegiatan penanaman di Mangrove Wonorejo, Surabaya. Dengan jargon "Love Your Earth, Go Green! Go Green! Go Green!" diharapkan dapat membangkitkan semangat peserta dalam pelestarian lingkungan. Selain anggota GEN Corps sendiri, kegiatan juga dihadiri oleh beberapa anggota PLH SIKLUS ITS, WANALA UNAIR, ANJ FKP UNAIR, BLM FKP UNAIR DAN SKINERS FKP UNAIR sebagai peserta. 

Diawali dengan pemungutan sampah di area penanaman, kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove rhizopora di tempat yang sudah dibersihkan. Sebelum itu, tour guide pihak mangrove juga memberikan arahan tentang bagaimana cara menanam bakau mangrove rhizopora yang baik dan benar. Hal ini memudahkan peserta dalam melakukan penanaman. 

Selain itu, juga dijelaskan bahwa keadaan sampah di area mangrove dapat memperkecil kemungkinan hidup pohon mangrove itu sendiri. Maka dari itu, kita membersihkannya terlebih dahulu sehingga dapat memperbesar kemungkinan hidup tumbuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan