Mohon tunggu...
Aprilia Rismawati
Aprilia Rismawati Mohon Tunggu... Universitas Diponegoro

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNDIP: Mahasiswa Berikan Bimbel untuk Anak SD di Masa Pandemi

14 Agustus 2020   14:51 Diperbarui: 14 Agustus 2020   19:48 151 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNDIP: Mahasiswa Berikan Bimbel untuk Anak SD di Masa Pandemi
picsart-08-10-08-13-19-5f3636bfd541df562313e422.jpg

BANJARNEGARA (14/8). Dengan mempertimbangkan bahwa Indonesia masih berusaha melawan pandemi Covid-19, pihak Universitas menerjunkan mahasiswanya untuk menyelenggarakan KKN tim II Undip 2020 di domisili masing-masing tempat mahasiswa tinggal. Desa Kalilunjar, Banjarnegara yang merupakan tempat tinggal Aprilia Rismawati, mahasiswi KKN Tim II Undip 2020 menjadi lokasi KKN tahun ini.

Aprilia mengadakan kegiatan bimbingan belajar Bahasa Inggris bersama anak-anak Sekolah Dasar sebagai kegiatan baru di tengah pandemi ini. Kegiatan yang bertempat di rumah mahasiswi tepatnya di Desa Kalilunjar RT 02 RW 03 ini telah berlangsung selama 4 minggu. Kegiatan diikuti oleh 33 anak kelas 1-6 Sekolah Dasar (SD) Desa Kalilunjar yang terbagi dalam tujuh kelompok.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan pada minggu pertama kegiatan KKN ini, mahasiswi menemukan bahwa anak-anak Desa Kalilunjar lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain bersama-sama dari pagi hingga sore hari tanpa pengawasan orang tua dan penerapan protokol kesehatan.

Urip Risdiyanto selaku Ketua RT 02 mengatakan bahwa bimbingan belajar Bahasa Inggris perlu diadakan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai bahasa tersebut dan sebagai kegiatan baru yang bermanfaat sebelum waktu untuk kembali bersekolah tiba.

"Iya bagus itu mbak, walaupun anak-anak belum mendapatkan mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah tapi bisa kita ajarkan sejak sekarang supaya mereka tidak kaget. Minimal kosakata bahasa Inggris dasar seperti kata door yang artinya pintu.

Anak-anak juga dari pagi sampai sore hanya bermain HP atau bermain bersama teman-temannya. Orang tua juga kurang bisa mengawasi mereka karena sibuk bekerja" ujar Ketua RT 02 ketika ditemui di rumahnya untuk berdiskusi bersama mengenai program yang perlu diadakan di desa setempat.

Kegiatan bimbel bahasa Inggris (dokpri)
Kegiatan bimbel bahasa Inggris (dokpri)

Setiap sebelum memasuki tempat bimbingan belajar, anak-anak diarahkan agar mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu dan menggunakan masker untuk melatih mereka dalam menerapkan protokol kesehatan.

Selama empat minggu, anak-anak telah diajarkan kosa kata bahasa Inggris dasar seperti, nama-nama hari, bulan, angka, abjad, hewan, sayur, buah, anggota tubuh, hingga ucapan-ucapan dasar dalam bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

Sementara itu, mahasiswi juga memberikan materi calistung (baca tulis hitung) dan bermain bersama untuk anak-anak PAUD dan TK yang turut mengikuti bimbingan belajar ini. Hingga akhir pertemuan, antusias anak-anak masih tinggi.

Bahkan, beberapa dari mereka meminta untuk tetap melanjutkan kegiatan bimbingan belajar ini dan terus menanyakan kapan jadwal mereka untuk datang lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x