Mohon tunggu...
Aprilia DwiArini
Aprilia DwiArini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Undip

Mahasiswa program S1 Biologi, menyukai pengalaman baru dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Melukis Kisah bersama Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN 182/1 Hutan Lindung

15 September 2022   22:05 Diperbarui: 15 September 2022   22:09 186 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kepala Sekolah, Dewan Guru Beserta Mahasiswa Kampus Mengajar Angkata 3 SDN 182/1 Hutan Lindung (Dokumentasi Pribadi, 2022) 

Kampus mengajar angkatan 3 atau biasa disebut KM 3 merupakan salah satu kegiatan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kampus Mengajar adalah sebuah program yang mewadahi mahasiswa dalam membantu peran guru dalam pelaksanaan belajar mengajar. 

Melalui program ini mahasiswa dapat membaktikan ilmu pengetahuan, keterampilan, serta menginspirasi para siswa di sekolah guna memperluas cita-cita dan wawasan mereka. 

Sekolah yang menjadi sasaran pada Program Kampus Mengajar angkatan 3 adalah sekolah yang berada di daerah 4T (terdepan, terluar, tertinggal dan wilayah transmigrasi) baik sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama.

Setelah melalui serangkaian proses seleksi, mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berhasil lolos ke dalam program Kampus Mengajar 3, mulai ditempatkan di sekolah tingkat SD dan SMP yang ada di seluruh Indonesia untuk membantu proses pembelajaran di sekolah tersebut, mahasiswa menjalankan program ini selama 1 semester. 

Saya ditempatkan disalah satu sekolah yang menjadi sasaran Kampus Mengajar Angkatan 3 di wilayah Kabupaten Batang Hari Kecamatan Muara Bulian khususnya SDN 182/1 Hutan Lindung. 

Tim yang ditugaskan  terdiri dari 4 yang berasal dari beberapa perguruan tinggi yaitu saya Aprilia Dwi Arini dari Universitas Diponegoro, Anggun Permata Sari, Annisa Nabila Dira, Rizki Kurniawati dari Universitas Muhammadiyah Muara Bungo.

Tujuan program Kampus Mengajar 3 sendiri untuk membantu meningkatkan kualitas Pendidikan di jenjang SD maupun SMP, khususnya di bidang literasi, numerasi, asistensi mengajar, adaptasi teknologi, serta administrasi sekolah

Selain kelima bidang tersebut mahasiswa Kampus Mengajar 3 di SDN 182/1 Hutan Lindung juga memiliki beberapa program kerja, diantaranya: Pendampingan KBM, Pembuatan Media Pembelajaran, Gerakan Literasi dan Numerasi, Pembuatan Pojok Baca dan Mading, Bantuan Administrasi Sekolah, peduli Lingkungan sekolah. 

Program kerja tersebut dapat dilaksanakan walaupun terdapat banyak kekurangan dari kami Mahasiswa Kampus Mengajar 3. Adanya bimbingan dan arahan dari pihak sekolah, maupun guru pamong dan DPL menjadikan program kerja kami dapat terlaksana dengan baik.  

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SDN 182/1 Hutan Lindung dimulai pukul 07:15 hingga 10.30 WIB untuk siswa kelas rendah 1,2,3 dan pukul 07:15 hingga 12.00 WIB untuk siswa kelas tinggi 4,5,6. 

Dalam penerapan kegiatan disekolah kami Mahasiswa Kampus Mengajar 3 diberikan kesempatan oleh guru dalam membantu kegiatan belajar mengajar di kelas, terutama dalam hal peningkatan literasi dan numerasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan