Mohon tunggu...
Aprilia AnggrainiPuspa
Aprilia AnggrainiPuspa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Sebelas Maret Surakarta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 2017

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa UNS Adakan KKN Relawan Covid-19

7 Juli 2020   09:43 Diperbarui: 7 Juli 2020   09:44 25 1 1 Mohon Tunggu...

Di tengah kondisi pandemi covid-19, Universitas Sebelas Maret Surakarta atau UNS Solo tetap mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tetapi, kali ini dengan cara yang berbeda. Dalam hal ini UNS merubah KKN yang semulanya bertempat di beberapa wilayah di Indonesia menjadi per daerah sesuai dengan domisili tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

KKN yang semulanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu KKN Mandiri dan KKN Reguler dirubah menjadi hanya satu kategori mengingat situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. KKN ini disebut sebagai KKN Relawan UNS Covid-19. KKN ini memiliki tujuan agar mahasiswa tetap dapat menjalankan Kuliah Kerja Nyata meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, yang tentunya dalam KKN ini mahasiswa diharapkan tetap dapat memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat maupun pemerintah yang sama-sama sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN Relawan UNS Covid-19 ini adalah Dinar Mahardhika Pratiwi. Dinar melakukan kegiatan KKN di daerah tempat tinggalnya, yaitu Desa Gayam Sari RT 03 RW 11 Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banyuanyar, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Pada KKN ini, Dinar dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangannya (DPL), yaitu Dr. Djono, M. Pd.

Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih tema yang akan digunakan dalam KKN nya, Dinar sendiri memilih tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19. Dengan mengangkat tema tersebut, Dinar melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah memberikan edukasi sekaligus pembagian masker serta handsanitizer kepada masyarakat, kemudian menempelkan poster-poster edukasi dan MMT terkait Covid-19, mengadakan tempat cuci tangan di beberapa titik, serta pencerdasan melalui Instagram dan grup WhatsApp muda-mudi gayam sari.

"Alhamdulillah kegiatan KKN Relawan UNS Covid-19 ini dapat terlaksana dengan baik, banyak kegiatan yang dapat mengedukasi dan membantu masyarakat. Walaupun dalam kenyataannya juga masih terdapat beberapa kekurangan, tetapi ini juga dapat menjadi inovasi baru bagi kita yang ingin tetap bergerak membantu masyarakat maupun pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Harapan saya, tentu saja semoga KKN Relawan UNS Covid-19 ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi agar kegiatan ini dapat terus menginovasi, mengedukasi, dan membantu masyarakat maupun pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19", ujar Dinar, Kamis (25/6/2020).

VIDEO PILIHAN