Mohon tunggu...
Aprilia SriAstuti
Aprilia SriAstuti Mohon Tunggu... Guru - Guru swasta

Membaca buku (novel)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Unsur Intrinsik, Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Cerpen dengan model Discovery Laerninng di Kelas XI AKL 1 SMK Kesuma Margoyoso Pati

9 Desember 2022   22:22 Diperbarui: 14 Desember 2022   21:56 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Latar Belakang Permasalahan

          Guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif   dalam pembelajaran menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen menggunakan model di kelas XI AKL 1 SMK Kesuma Margoyoso. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengajar tanpa merencanakan model apa yang akan digunakan, selain itu guru hanya mengandalkan sumber belajar dari buku paket saja, sehingga pembelajaran menjadi tidak terarah dan berjalan begitu saja. Kondisi seperti ini membuat  siswa kesulitan dalam menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen.

           Berdasarkan hasil wawancara dan kajian literatur yang dilakukan, penulis menentukan alternatif solusi yang diharapkan mampu mengatasi kesuliatan siswa dalam menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen. Alternatif solusi yang ditentukan oleh penulis adalah menggunakan model pembelajaran discovery learning.

           Penulis memilih model discovery learning dalam pembelajaran menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen karena model pembelajaran discovery learning memiliki banyak kelebihan beberapa diantaranya adalah 

a. mendukung partisipasi aktif pembelajar dalam proses pembelajaran;

b. menumbuhkan rasa ingin tahu pembelajar;

c. memungkinkan perkembangan keterampilan-keterampilan belajar sepanjang hayat dari pembelajar;

Dalam hal ini, Peran guru sangat penting dalam pendampingan dan pemantauan pelaksanaan pembelajaran menganalisisis unsur intrinsik, menelaah struktus berdasarkan kebahasaan teks cerpen dengan model discovery learning. Pendampingan dan pemantauan guru dalam pembelajaran diharapkan mampu memecahkan masalah.

Praktik ini penting untuk dibagikan, agar siswa lebih mudah menganalisis unsur intrinsik, menelaah struktur bedasarkan kebahasaan teks cerpen. Sebagai guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, saya perlu terus berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran agar mempermudah siswa dalam menganalisis unsur intrinsik, menelaah struktur bedasarkan kebahasaan teks cerpen.

Tantangan

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru anataranya persiapan yang matang dalam mengajar, pengajaran yang kreatif,efektif dan menyenangkan, peningkatkan minat siswa, Pengaktifan siswa berinteraksi dalam pembelajaran, penerapan model pembelajaran yang tepat yaitu model discovery learning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun