Latar Belakang Permasalahan
     Guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen menggunakan model di kelas XI AKL 1 SMK Kesuma Margoyoso. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengajar tanpa merencanakan model apa yang akan digunakan, selain itu guru hanya mengandalkan sumber belajar dari buku paket saja, sehingga pembelajaran menjadi tidak terarah dan berjalan begitu saja. Kondisi seperti ini membuat  siswa kesulitan dalam menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen.
      Berdasarkan hasil wawancara dan kajian literatur yang dilakukan, penulis menentukan alternatif solusi yang diharapkan mampu mengatasi kesuliatan siswa dalam menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen. Alternatif solusi yang ditentukan oleh penulis adalah menggunakan model pembelajaran discovery learning.
      Penulis memilih model discovery learning dalam pembelajaran menganalisis unsur, struktur, dan kebahasaan yang terkandung di dalam cerpen karena model pembelajaran discovery learning memiliki banyak kelebihan beberapa diantaranya adalahÂ
a. mendukung partisipasi aktif pembelajar dalam proses pembelajaran;
b. menumbuhkan rasa ingin tahu pembelajar;
c. memungkinkan perkembangan keterampilan-keterampilan belajar sepanjang hayat dari pembelajar;
Dalam hal ini, Peran guru sangat penting dalam pendampingan dan pemantauan pelaksanaan pembelajaran menganalisisis unsur intrinsik, menelaah struktus berdasarkan kebahasaan teks cerpen dengan model discovery learning. Pendampingan dan pemantauan guru dalam pembelajaran diharapkan mampu memecahkan masalah.
Praktik ini penting untuk dibagikan, agar siswa lebih mudah menganalisis unsur intrinsik, menelaah struktur bedasarkan kebahasaan teks cerpen. Sebagai guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, saya perlu terus berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran agar mempermudah siswa dalam menganalisis unsur intrinsik, menelaah struktur bedasarkan kebahasaan teks cerpen.
Tantangan
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru anataranya persiapan yang matang dalam mengajar, pengajaran yang kreatif,efektif dan menyenangkan, peningkatkan minat siswa, Pengaktifan siswa berinteraksi dalam pembelajaran, penerapan model pembelajaran yang tepat yaitu model discovery learning.