Mohon tunggu...
Apriani Dinni
Apriani Dinni Mohon Tunggu... Guru - Rimbawati

Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena aku akan binasa secara perlahan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Dimulailah dari Dapur Kita

15 Oktober 2021   22:09 Diperbarui: 15 Oktober 2021   22:16 173 22 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto oleh Gary Barnes dari Pexels

Yuk Kita terapkan  Gaya Hidup Zero Waste Dimulai dari Dapur Kita

Saat ini sedang tren mengurangi sampah makanan atau kini dikenal dengan istilah  zero waste cooking. Ternyata dengan mengurangi sampah makanan sangat bermanfaat, baik bagi lingkungan alam hingga perekonomian. Gaya hidup ini tentunya perlu kita  terapkan, bukan hanya ibu-ibu saja, tapi siapapun baik itu laki-laki atau perempuan yang mempunyai hobi  memasak  sebagai kebiasaan baru.

Tak dapat dipungkiri bila  memulai kebiasaan baru itu akan terasa  sulit, namun kita bisa memulainya  sedikit demi sedikit demi masa depan anak cucu kita, karena mereka yang akan merasakan manfaatnya. Apa salahnya kita melakukan kegiatan yang bermanfaat, kegiatan ini tidak merugikan kita. Jangan menunggu orang lain yang memulai, mulailah dari diri kita sendiri untuk melakukan perubahan.

Tidak akan sulit bila kita memulai dari kebiasaan yang rutin kita lakukan, seperti memasak. Biasanya bila kita memasak banyak sampah yang kita hasilkan. Ternyata sampah dapur ini  menjadi penyumbang sampah terbanyak di dunia, tentu ini merupakan sumbangan yang merugikan. Untuk itu mari kita memulai mengurangi sampah dimulai dari dapur kita.

Banyak manfaat yang akan kita rasakan bila kita menerapkan gaya hidup zero waste. Yuk kita simak uraian singkat dibawah ini.

1. Konservasi Lingkungan

Gerakan zero emissions mampu mengurangi 45% dari total keseluruhan sampah yang kita hasilkan perharinya. Secara kolektif sendiri, pengurangan sampah dalam jumlah besar pun tentunya akan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Dengan  tidak memakai plastik atau  kemasan ketika kita berbelanja atau membeli makanan, ini dapat mengartikan bahwa tempat pembuangan sampah yang meluap juga mampu kita minimalkan. Selain bermanfaat untuk manusia ternyata bermanfaat juga untuk mahluk disekitar kita, seperti  resiko tumbuhan atau makhluk hidup keracunan  dapat kita kurangi demi lingkungan lebih sehat.

2. Gaya Hidup Minimalis dan Hemat

Gaya hidup zero waste kitchen  dapat juga menjadi bagian dari kebiasaan hemat. Pasalnya gerakan ini bisa kita lakukan untuk mengatur keuangan. Caranya sangat mudah, yaitu kita hanya dengan membatasi pengeluaran belanja bahan makanan, yaitu hanya perlu membeli ketika benar-benar membutuhkannya saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan