Mohon tunggu...
Apipudin 28
Apipudin 28 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang penulis amatir

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Saleh Ritual dan Saleh Sosial

2 Agustus 2021   10:22 Diperbarui: 2 Agustus 2021   10:23 15 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saleh Ritual dan Saleh Sosial
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Islam adalah agama yang rahmat bagi seluruh alam (Rahmatan lil 'Alamin). 

Rahmat-Nya tidak memandang siapa kita, agama kita, dan jenis makhluk apa kita. Kasih-Nya yang kolektif membuat kita semakin yakin bahwa hanya Dia yang pantas menyandang gelar Tuhan yang mempunyai sifat al-Adl (adil).

Agama adalah suatu diksi yang penuh dengan historis, doktrinal, etikal, dan ekspriensial. Islam sendiri mempunyai historis yang panjang, mulai dari periode Nabi, Sahabat, Tabi'in, Tabi'it Tabi'in, kemudian melahirkan sekte-sekte agama yang masih kokoh sampai saat ini.

Manusia sebagai Wakil Tuhan (khilafah) seringkali lupa dengan tujuan diciptakannya. Padahal, dalam al-Qur'an telah dijelaskan bahwa tujuan diciptakannya manusia yaitu hanya untuk beribadah kepada-Nya (Q.S. 51:56). Ibadah sendiri terbagi menjadi dua, yaitu ibadah ritual dan ibadah sosial.

Ibadah Ritual dan Ibadah Sosial

Ibadah ritual adalah ibadah yang sifatnya hablum minallah (hubungan antara manusia dengan Allah), seperti sholat, puasa, dan mengaji. sedangkan ibadah sosial adalah ibadah yang sifatnya hablum minannaas (hubungan antara manusia dengan manusia), seperti senyum, tolong-menolong, bakti sosial dan lain-lain.

Manusia sebagai 'abdun seyogyanya mampu mengkolaborasikan keduanya. Tidak hanya fokus terhadap salah satu ibadah saja, karena sesukses apapun seseorang dia masih butuh Allah. Dan seshaleh apapun manusia, dia masih butuh teman untuk memenuhi berbagai kepentingan duniawinya serta sebagai entitas dari hablum minannaas itu sendiri.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x