Mohon tunggu...
Maria Margaretha
Maria Margaretha Mohon Tunggu... Guru - Guru SD. Blogger.

Teaching 1...2...3. Knowledge is a power. Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Menjadi Contoh Anak Memilih Nutrisi Sehat

11 Agustus 2019   10:48 Diperbarui: 11 Agustus 2019   11:06 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kenangan dari siswa saya... karikatur pesanan.

Sebagai guru SD saya terbiasa makan makanan ringan dan makan siang bersama anak anak. Terutama jika saya mendapatkan kelas kecil. Kelas 1-3. Biasa orang tua sering menitipkan anaknya saat awal tahun ajaran. 

" Miss, titip anak saya ya, tolong supaya makan sayurnya."

"Miss, tolong anak saya diingatkan habiskan makanannya ya!" 

"Miss, tolong dong anak saya susah makan sayur. Bantu nasehati!"

Sayur, buah, ikan dan nasi.
Sayur, buah, ikan dan nasi.
Permintaan ini bisa dikemukakan di pesan pribadi, atau juga lewat agenda dan kadang saat pertemuan perdana wali kelas dan orang tua murid. 

Mengingat pesan pesan tersebut, kebiasaan saya saat makan adalah duduk bersama mereka dan menunjukkan menu makanan saya. Saya selalu mengekspos sayur dan buah yang ada di kotak bekal saya. 

Wortel, tauge, daging, kentang, nasi dan melon. Variasi menu makan siang di sekolah.
Wortel, tauge, daging, kentang, nasi dan melon. Variasi menu makan siang di sekolah.
Aslinya saya sebenarnya agak pemilih hal sayuran. Tetapi kalau sudah duduk sama anak anak sifat picky ini jelas tidak akan saya perlihatkan. Telan saja deh. Tapi saya kadang mengatakan, "Miss ngga suka sayur ini. Tapi supaya sehat ya makan saja". Begitu saya memotivasi. 

Jadi kadang kalau anak makan sayur dan habis mereka bangga menunjukkan pada saya bahwa mereka juga makan sayur. Saya tidak lupa memberi bintang di reward wall biasanya dengan menjelaskan di kelas, mengapa saya memberi reward. 

Nutrisi erat kaitannya dengan kemampuan akademis menurut saya. Siswa yang sehat dapat belajar dengan baik dan perkembangan otaknya juga baik. Siswa tersebut bisa mencapai prestasi akademik optimal. 

Masalah menghabiskan makanan, biasanya saya memeriksa jumlah makanan yang dibawakan. Terkadang ada orang tua yang membawakan makanan menunya Karbohidrat semua dan banyak. Saya sempatkan memberitahu orang tua bahwa sebaiknya anak diberi menu lebih bervariasi. Mohon maaf jika anak tidak habis makanannya. Begitu juga menu fastfood. Biasanya saya mendiskusikan saat pertemuan pribadi seperti penerimaan raport tengah semester. 

Saat ini saya mengajar di kelas 5 SD. Ini termasuk kelas besar di mana anak biasanya tidak duduk makan dengan guru. Tetapi saya membiasakan menyempatkan duduk makan bersama mereka setiap kali keluar makan siang setelah mengajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun