Maria Margaretha
Maria Margaretha Guru SD

Teaching 1...2...3. Knowledge is a power. Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Keseruan Ngabuburit bersama Menteri Kesehatan dalam Mudik Sehat

5 Juni 2018   21:16 Diperbarui: 5 Juni 2018   21:48 530 1 0
Keseruan Ngabuburit bersama Menteri Kesehatan dalam Mudik Sehat
dokumentasi pribadi

Mudik yuk! Sudah jelang waktu mudik ya? Tanpa terasa bulan Ramadhan sudah berjalan memasuki pertengahan lebih. Mungkin banyak di antara teman teman sudah bersiap mau mudik kan? 

Nah, hari ini, Selasa, 5 Juni 2018, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan acara ngabuburit bareng dengan tujuan mengedukasi masyarakat yang mudik dengan sehat. 

Acara ngabuburit bareng ini dilakukan di Terminal Kampung Rambutan yang ramai dan dihadiri sendiri oleh Ibu Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Sekalipun beliau berjalan menggunakan tongkat, namun tampak segar dan cepat saat berjalan memasuki lokasi acara ngabuburit. 

Dalam acara ngabuburit ini, ibu Menteri memberikan pesan pesan pada orang orang yang berencana mudik, dari berbagai komunitas, seperti komunitas Mobilio, komunitas pemotor dan juga para supir bus di terminal tersebut. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Ibu Menteri juga mendengarkan warga masyarakat dan rencana mudik mereka dengan ramah dan perhatian. Setiap warga juga diberikan takjil dan bingkisan kecil setelah berbagi. Bahkan ada yang mengajak foto bersama dan ditanggapi dengan ramah dan baik. 

Apa sih pesan mudik sehat? 

Berikut tips yang diberikan Bu Menteri Kesehatan dan jajaran Kementerian Kesehatan, baik secara lisan melalui flyer di area ngabuburit. 

1. Agar mudik sehat, aman, selamat, manfaatkan pos kesehatan bila sakit. Pada setiap tempat telah disiapkan posko kesehatan, gunakan dengan baik. Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi bila memang kita memerlukan obat rutin baik bagi penderita diabetes, hipertensi maupun penyakit lain. 

2. Konsumsi makanan dan minuman bergizi dan bersih. Ingatlah untuk mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir agar terhindar dari penyakit perut saat di perjalanan. 

3. Bila lelah, manfaatkan waktu untuk beristirahat. Saran Bu Menteri setiap 4 jam perjalanan, beristirahatlah 15 menit, bagi pengendara mobil, sementara pengendara motor setiap 2 jam. Ini perlu agar fisik tetap prima dan perjalanan tetap aman. Kelelahan bisa mengakibatkan kecelakaan lho. 

3. Hindari stress dan nikmati perjalanan mudik, dengan membatasi barang bawaan.

4. Gunakan masker untuk melindungi diri dari asap, debu dan polusi kendaraan. Buanglah sampah pada tempatnya, termasuk buang air besar dan kecil di toilet yang tersedia.

5. Ini PENTING. JANGAN MENERIMA MAKANAN DAN MINUMAN DARI ORANG TAK DIKENAL, demi keselamatan diri. 

Untuk info dan konsultasi kesehatan, pemudik dapat mengunjungi no telepon 119. 

Semua tips yang ada ini diberikan kementerian kesehatan untuk memastikan bahwa mudik kita sehat adanya. 

Dalam acara Ngabuburit bersama Menteri Kesehatan ini, hadir juga jajaran kementerian kesehatan, lurah kampung Rambutan, dan sejumlah petugas dinas perhubungan. 

Tentu saja dalam hal mudik sehat, kementerian kesehatan juga bekerja bersama kementerian perhubungan dengan memperhatikan keselamatan pemudik. Sebab itu bahkan dalam tipsnya juga disampaikan agar pemudik disiplin dan patuh pada rambu lalu lintas, serta memeriksa kondisi kelayakan kendaraan sebelum mudik. 

Ibu Menteri juga mengajak warga yang ada mendengarkan jingle "Mudik Sehat", bahkan melakukan peregangan tubuh singkat bersama jajarannya. 

Sesudahnya, diadakan juga sesi foto bersama komunitas-komunitas yang hadir, juga supir, warga dan media. 

Foto bersama blogger (dokpri)
Foto bersama blogger (dokpri)
Seusai bincang bincang dengan komunitas dan warga, Menteri Kesehatan juga meninjau klinik kesehatan yang ada di Terminal Kampung Rambutan. Beliau bahkan sempat menyapa seorang penumpang yg duduk menunggu bus di bangku. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2