Mohon tunggu...
Any Sukamto
Any Sukamto Mohon Tunggu... Penulis - Belajar dan belajar

Ibu rumah tangga yang berharap keberkahan hidup dalam tiap embusan napas.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berbagi untuk Sesama Melalui Tulisan

25 Februari 2020   21:19 Diperbarui: 25 Februari 2020   21:19 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa waktu yang lalu, melalui aplikasi berwarna biru saya mendapat informasi akan diselenggarakannya program pelatihan kepenulisan secara gratis. Materinya akan disampaikan melalui aplikasi berwarna hijau. Tertarik? Pasti. Gratis gitu loh!

Saya pun berusaha mendaftarkan diri sebagai peserta. Alhamdulillah, beberapa syarat yang diminta bisa saya penuhi. Akhirnya, saya menjadi siswa di kelas tersebut dan tergabung dalam sebuah group.

Antara bahagia dan terharu, di zaman seperti ini masih ada yang peduli dengan dunia literasi dan membagikan ilmu secara gratis. Dalam memberikan pelatihan pun dibagi menjadi beberapa kelas dan tingkatan.

Ketika yang lain berlomba memperkaya diri dengan mendirikan kursus berbayar, masih ada sebagian yang ingin berbagi dengan memberikan ilmunya gratis. Dan pada pelaksanaannya juga tertib seperti kelas yang berbayar.

Di akhir kelas pun mereka memberikan sertifikat tanda kelulusan. Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang telah berpartisipasi mengikuti kelas dari awal dan mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan. Sertifikat pun tidak asal sertifikat. Diberikan predikat sesuai dengan keaktifan dan ketertiban selama kelas berlangsung. Absensi ikut dipertimbangkan juga sebagai

Ilustrasi pribadi
Ilustrasi pribadi
 poin tambahan.

Bertemu dengan kelompok-kelompok atau pribadi-pribadi yang senang berbagi manfaat seperti ini, membuat saya pun ingin membagikan sebagian ilmu yang saya punya. Namun, saya masih perlu belajar lagi dan belum tahu bagaimana cara membagikannya.

Sedikit yang bisa saya lakukan saat ini adalah menjawab pertanyaan. Jika saya mengetahui jawaban dari pertanyaan itu, dan saya pasti dengan jawabannya. Kalau untuk berbagi dengan cara harus membuka kelas, saya masih belum mampu. Mungkin suatu saat.

Seperti informasi yang saya ketahui, Wids Stoops pun pernah berbagi untuk sesama yang membutuhkan melalui tulisan. Berdonasi bagi pihak-pihak yang perlu mendapat bantuan.

Hanya sebait doa tulus bagi mereka yang telah sudi berbagi. Baik berbagi materi, tenaga, atau pikiran.

Semoga Tuhan membalas kebaikan mereka dengan rezeki yang jauh berlimpah dan berkah, menjadikan ilmunya bermanfaat dan keturunan mereka ahli ibadah, serta memberi kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan semua urusannya. Aamiin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun