Kesehatan

Apa Manfaat dari Beras Coklat Organik (Brown Rice Organic)?

14 Juni 2018   16:33 Diperbarui: 14 Juni 2018   16:53 1566 0 0
Apa Manfaat dari Beras Coklat Organik (Brown Rice Organic)?
koleksi pribadi

Masyarakat Asia khususnya Indonesia makanan pokok utamanya adalah Beras (Nasi). Ada beberapa jenis beras yaitu beras putih, beras coklat, beras merah dan beras hitam.  Beras coklat adalah gandum utuh yang tidak disaring atau dihaluskan. Beras coklat diproduksi hanya dengan membersihkan bagian kulit beras. Beras coklat mempertahankan bagian kulit nya yang kaya nutrisi dan kecambah. 

Beras coklat lebih kenyal dibandingkan beras putih dan memiliki rasa seperti kacang. Beras coklat adalah sumber nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti serat, fitokimia dan mineral penting. 

Beras coklat organik mungkin memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada beras coklat yang ditanam secara konvensional, karena produk organik bersertifikat, dibandingkan dengan tanaman pangan konvensional, mengandung tingkat bahan kimia pertanian yang lebih rendah yang dapat membahayakan kesehatan; Namun, tidak ada bukti nyata bahwa makanan organik lebih bergizi daripada makanan biasa.

Nilai Gizi Beras Coklat

Beras Coklat mengandung nutrisi tinggi, sedangkan rendah kalori, menjadikannya makanan yang sangat sehat. Beras coklat adalah gandum utuh yang dapat digunakan untuk memenuhi rekomendasi diet USDA dari tiga porsi harian gandum utuh - setiap 1/2 cangkir beras coklat sama dengan 1 porsi biji-bijian utuh. 

Biji-bijian utuh seperti beras merah kaya serat, yang dapat mengurangi penyakit jantung dan risiko untuk kanker tertentu, sementara juga mempromosikan pencernaan yang baik dan berat badan yang sehat. Beras merah juga kaya mineral penting termasuk magnesium dan mangan, serta fitonutrien bioaktif seperti lignan, fitoestrogen dan senyawa fenolik. 

Selanjutnya, beras merah adalah makanan bebas gluten yang tidak mengandung lemak trans atau kolesterol dan hanya melacak jumlah lemak dan natrium.

Manfaat Kesehatan Organik
Makan nasi coklat organik dapat memberi manfaat kesehatan tambahan dibandingkan dengan makan nasi non-organik. Belum jelas apakah makanan organik secara unilateral lebih bergizi daripada makanan non-organik, tetapi mereka mengandung lebih sedikit pestisida dan aditif makanan. 

Dibandingkan dengan tanaman pangan organik, tanaman yang ditanam secara konvensional mengandung residu pestisida yang jauh lebih banyak, yang, tergantung pada jenis pestisida dan tingkat paparan Anda, dapat membahayakan kesehatan. 

Makanan organik, seperti beras coklat organik, juga lebih sedikit diolah daripada makanan non-organik, yang berarti mereka mengandung pewarna, perasa, pemanis, dan pengawet yang kurang buatan, beberapa di antaranya dianggap berbahaya bagi kesehatan Anda. Beras, khususnya, kehilangan manfaat kesehatan selama pemrosesan - ketika kulit luarnya dihilangkan selama proses penyempurnaan, beras kehilangan kandungan seratnya.

Manfaat Lain dari Makanan Organik
Selain potensi manfaat kesehatan dari makanan organik, beberapa orang membeli makanan yang ditanam secara organik, termasuk beras coklat organik, untuk alasan lingkungan dan lainnya. Praktek pertanian organik membantu manfaat lingkungan dengan mengurangi polusi dari bahan kimia pertanian dan melestarikan kualitas air dan tanah. 

Makanan yang tumbuh secara organik juga memiliki jejak karbon yang lebih kecil daripada makanan yang ditanam secara konvensional; menurut Organic.org, pertanian organik menggunakan, rata-rata, sekitar 30 persen lebih sedikit energi daripada pertanian konvensional. Selain itu, beberapa orang lebih memilih rasa makanan organik untuk yang tumbuh secara konvensional.

Pertimbangan
Jika Anda ingin memastikan Anda membeli beras coklat organik bersertifikat, penting untuk memperhatikan label. Misalnya, hanya karena makanan diberi label "alami" tidak berarti makanan organik - hanya makanan yang tumbuh dan diproses sesuai dengan standar organik USDA yang dapat diberi label organik. Makanan-makanan ini akan menampilkan segel resmi USDA yang menyatakan bahwa produk tersebut organik. 

Kelemahan umum dengan makanan organik adalah biaya, karena makanan organik mungkin jauh lebih mahal daripada rekan-rekan konvensional mereka. Untuk menghindari masalah pencernaan, seperti gas atau kembung, dari makan makanan berserat tinggi seperti beras coklat, penting untuk minum banyak air.