Mohon tunggu...
anwar rafiudin
anwar rafiudin Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - hi i'm here..

Assalamu'alaikum wr.. wb., halo teman teman salam kenal nama saya ANWAR seorang Mahasiswa yang sangat tertarik belajar berbagai macam hal termasuk dunia karya tulis, terima kasih sudah berkunjung saya mohon kalau ada kritik dan saran tolong langsung beritahu kepada saya agar saya bisa memperbaikinya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Siasat Jitu Menghafal Anti Lupa dengan Teknik Memori Superior

17 Oktober 2021   16:02 Diperbarui: 17 Oktober 2021   16:07 119 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sekelumit ide tiba-tiba kembali bersemi di benak saya berkenaaan beraneka instrumen yang dapat secara efektif meningkatkan kemampuan konsentrasi, serta untuk mengatasi keluhan penyakit mental termasuk diseleksia, demensia, alzheimer, brain fog, anxiety disorder dan sebagainya. pemahaman bagi penderita sulit menerima informasi dan dalam kemampuan kefasihan berkomunikasi seperti pengalaman saya yang sering lupa arah pembicaraan, 

lalu perbendaharaan kata yang kurang mengakibatkan kata itu sulit diterjemahkan kedalam pahaman, serta keraguan timbul pada momen mengambil intisari dari topik pembicaraan, dan kesulitan menguasai bahasa daerah begitu pula bahasa asing baru yang ingin dipelajari karena belum melekat dan ditransitkan menjadi impresi secara berkelanjutan tertanam didalam ingatan jangka panjang.

Tentunya ini semua mempunyai jalan keluar pada perkara mudah lupa, mengikuti yang mampu membuat kepercayaan diri kita yang telah mantap akhirnya menjadi inferior, dan acap kali menyalahkan diri sendiri (self-blame), karena kemampuan memori otak tidak sebanding materi pelajaran yang harus dihafalkan. tentunya sahabat pernah merasakan kepanikan ketika dihadapakan materi hafalan setumpuk, bahkan segudang informasi yang mesti kita ketahui dalam waktu yang singkat, kapan saja, dan dimana saja, berguna memenuhi berbagai tuntutan keadaan misalnya saat mengenyam pendidikan. kita dapat mencerna informasi tersebut ketika kita temui seperti tatkala membaca buku, media cetak dan digital, pemaparan materi di ruang kelas, dan atsmofer pengetahuan lainnya.

Dengan memahami cara kerja otak yang luar biasa bukan hal tidak mungkin untuk memperbaiki ingatan yang sangat mudah tentu saja tanpa bekas dan kesan padahal telah menghafal nya sebelumnya karena disimpan di memori jangka pendek akhirnya proses storage (penyimpanan informasi) mengingat nya tidak bertahan lama karena otak merasa berhadapan dengan makhluk luar angkasa 'alien' tidak mengenali bentuk informasi semacam itu dan merasa itu tidak hal harus disimpan ataupun benci dengan cara didesak, dengan memaksakan otak untuk mengingat tak lupa memeras informasi yang sudah lenyap dan ketika ditarik kembali informasi nya sudah sehingga tentunya kita akan membahas mengenai hafalan dengan mengetahui teknik mengingat bisa mempermudah kegiatan menghafal sehingga dapat meresap ke dalam pikiran agar selalu melekat pada ingatan dan hal yang teramat penting adalah mencoba mempraktikkan teknik-teknik berikut ini :

1.Total Story Technique (TST)

Metode pertama yaitu TST, dimana kita diajak untuk mengeksplorasi hafalan dengan cara menggunakan teknik membuat cerita pendek tapi dibuat menarik atau aneh bahkan tidak masuk akal, misalnya kita ingin mengingat beberapa kata seperti buku, shampo, tisu, madu, anggur, beras dan air mineral. trik mudah untuk menghafal tanpa harus mengingat satu persatu bisa dengan cerita, saya membaca buku tentang jenis-jenis shampo, yang bisa melembutkan rambut seperti tisu, dan melembabkan seperti madu, rambut jadi sehat dan kuat karena kandungan anti oksidan anggur, membuat dewi sri (legenda dewi padi) meminum air mineral. Bagaimana sobat lebih mudah menggunakan metode ini, dibanding menghafalkannya satu-persatu teknik ini cocok untuk dipakai ketika hendak menentukan list belanja dengan teknik ini kita bisa memanfaatkan ingatan otak jangka panjang tanpa bergantung pada catatan di buku.

2. Total Word Technique (TWT)

Untuk mengimplementasikan  teknik ini sangat mudah teman-teman hanya diperlukan singkatan-singkatan kata sebagai jembatan transmisi  informasi yang ingin disampaikan , jika hafalannya berupa kata berbahasa asing maka dapat diubah menjadi kata-kata yang kedengarannya hampir sama, kita juga dapat menambahkan cerita sebagai opsional juga menarik apalagi ditambahkan visualisasi di dalam akal yang akan dikorelasikan dengan sesuatu yang hendak dihafal , serta  sesuai urutannya seperti menghafalkan nama-nama 8 planet yang berada di tata surya dan mengelilingi matahari yaitu MERKURIUS, VENUS, BUMI, MARS, JUPITER, SARTUNUS, URANUS DAN NEPTUNUS.  

Disini  kita bisa mengubah  kata-kata menjadi kalimat atau frasa yang  mudah untuk kita pahami seperti  lafadz "Mengendarai  Vespa Bukan Mainan, Judi Sahabat Urip Nekat".  Metode  bisa digunakan seperti membayangkan benda-benda atau tokoh-tokoh yang  bisa menyaimpaikan informasi  tentang  ihwal yang ingin kita hafalkan di memori jangka panjang.

3. Total Number Technique (TNT)

Biasanya metode ini digunakan untuk mengingat data berupa bilangan atau deretan angka-angka, seperti  hafalan yang kita berharap  tersimpan bukan saja di memori  jangka  pendek , tapi juga seperti  otak kanan yang sudah diketahui  dengan kemampuan  luar biasa dapat  menyimpan memori  jangka panjang,  akan tetapi otak yang yang bekerja selaras satu sama lain bersama  otak kiri, disebabkan otak kanan tidak mampu mengenali tulisan maka perlu dibuatkan cerita agar bisa terpahami, misalnya sekiranya kita ingin menghafalkan angka  227.110.993.226, maka bisa dibuatkan cerita sebagai berikut, Kota Palu 227, terdapat pantai talise 110, kota lima dimensi  993 , dan bahasanya kaili 226.  kita membuatnya seperti  ini karena otak kanan bisa memahami bentuk dan bunyi disini kita memerlukan imajinasi untuk memvisualisasikan metode ini seumpama angka 0 bisa diterjemahkan dalam bentuk bola, atau bunyi gosong atau kosong, Kita bisa mengembangkan kreativitas  dan  sesuai  keinginan Penghafal.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan