Mohon tunggu...
ANWAR ERMAWADI
ANWAR ERMAWADI Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas I SDN Duri Pulo 10, Jakarta Pusat

Saya seorang Guru, Bekerja menjadi guru bukan hanya berbicara soal gaji, namun lebih dari itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan peradaban dan melahirkan generasi muda yang cerdas.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Course Review Horay (CRH)

28 November 2022   19:08 Diperbarui: 28 November 2022   19:09 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN DURI PULO 10

ABSTRAK
 
Anwar Ermawadi, NIP 199101252020121012, Ahli Pertama Guru Kelas Peningkatan Hasil IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas V SDN Duri Pulo 10. Pembelajaran yang efekif dan efisien diperlukan untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. 

Proses pembelajaran melalui interaksi guru dan siswa, siswa dan siswa, dan siswa dengan guru, secara tidak langsung menyangkut berbagai komponen lain yang saling terkait menjadi satu sistem yang utuh. 

Perolehan hasil belajar sangat ditentukan oleh baik tidaknya kegiatan dan pembelajaran selama program pendidikan dilaksanankan di kelas yang pada kenyataannya tidak pernah lepas dari masalah. 

Berdasarkan nilai pengetahuan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM atau tidak tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase sebesar 59 %, sedangkan yang memperoleh nilai di atas KKM atau Tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase sebesar 41 %. Jumlah siswa seluruhnya sebanyak 34 siswa. KKM Mata pelajaran IPA yaitu 70. 

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar tersebut adalah penggunaan metode mengajar yang belum variatif pembelajaran masih dilakukan secara konvensional sehingga dibutuhkan sebuah gagasan kreatif untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Gagasan penyelesaian isu yang terpilih adalah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH). 

Implementasi dari gagasan kreatif tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan aktualisasi nilai-nilai dasar PNS yang bertujuan untuk menginternalisasi dan menjadikannya sebagai sebuah pembiasaan yang mencakup nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK) serta peran dan kedudukan PNS di SDN Duri Pulo 10 serta untuk membentuk PNS yang mampu melaksanakan tugas dan perannya sehingga terbentuk ASN yang profesional dan berkarakter. 

Dalam kegiatan aktualisasi subyek di pilih adalah peserta didik kelas V. Capaian hasil aktualisasi diukur dengan menggunakan penilaian pembelajaran model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH). 

Hasil aktualisasi menunjukkan sebagai berikut: (1) Adanya peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada Tes awal mendapatkan nilai rata-rata 52,82 dan tes akhir mendapatkan nilai rata-rata 71,24 dengan peningkatan sebesar 18,42 poin. (2) Adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) peserta didik dari 34 peserta didik mengikuti pre-test sebanyak 12 orang mendapat nilai diatas KKM atau sekitar 35,29 %. 

Sedangkan setelah diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dari 34 peserta didik yang mengikuti post-test sebanyak 24 peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM atau sekitar 70,58 %. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun