Mohon tunggu...
Anugrah Reskiani
Anugrah Reskiani Mohon Tunggu... Blogger -

On Proggress

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Asian Para Games 2018, Indonesia Menuju Negara Ramah Difabel

5 Januari 2018   13:11 Diperbarui: 6 Januari 2018   18:32 3560
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dengan mengusung slogan "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" Indonesia Asian Para Games Organizing Commite (INAPGOC) Sosialisasikan Asian Para Games 2018 di 16 kota di Indonesia.

Sebagaimana Desember di sepanjang tahun, curah hujan di kota ini cenderung lebih tinggi, mungkin juga sama dengan kota-kota lain. Makassar selalu menjadi langganan musim hujan dan genangan air di mana-mana, sehingga beberapa rute jalan terpaksa dialihkan berputar, memikirkannya saja sudah membikin malas.

Saya memang orang dengan tingkat kemalasan di atas rata-rata (ini bukan kata ganti atau hiperbola, tapi pemalas dalam artian yang sebenarnya) harus butuh alasan dan kemauan lebih untuk memulai sesuatu.

Begitu mendengar kabar undangan, ada 20 kursi (ini juga dalam artian yang sebenarnya, benar-benar hanya ada 20 kursi yang disiapkan untuk peserta di booth itu) yang disiapkan untuk blogger Makassar dalam acara sosialisasi menyambut Asian Para Games 2018, tepatnya hari Minggu 17 Desember di Trans Studio Mall. 

Saya sempat browsing dan menemukan beberapa video yang sebelumnya pernah saya lihat di iklan-iklan televisi, seorang atlet yang berlaga di atas kursi rodanya.

Foto: anugrahreskiani.com
Foto: anugrahreskiani.com
Ingatan saya kembali ke-dua tahun silam, saat kesulitan menemukan referensi tentang penyandang difabel untuk keperluan skripsi yang sedang saya garap waktu itu. 

Saya hanya menemukan beberapa, itupun hanya membahas seputar pendidikan untuk anak dengan keterbelakangan mental dan berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa (SLB) ---Padahal yang saya butuhkan adalah referensi tentang kedudukan dan hak-hak hukum penyandang difabel---yang kemudian bukunya hilang seminggu menjelang saya ujian meja. Sial benar waktu itu.

Seperti yang saya katakan tadi, untuk menyeret langkah di musim hujan saya butuh beberapa alasan, dan saya baru saja menemukannya. Untungnya sudah ada taxi online yang bisa dipanggil kapan saja hanya dengan beberapa klik di smart phone.

Asian Para Games: ribuan atlet difabel akan berlaga di ajang Asian Para Games 2018

The Asian Para Games

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun